Jumat, 02 Mei 2014

GLOSARIUM BARCA


Oke, kali ini gue akan membahas tentang FC Barcelona, tapi bukan mengenai sejarah atau para pemainnya. Yang akan gue bahas kali ini adalah mengenai Glosarium Barca. Mungkin kita sering mendengar istilah-istilah tertentu yang berkaitan dengan Barca, seperti Azulgrana, cules, juvenil dan sebagainya, sebenarnya, apa sih arti dari kata-kata tersebut? makanya, cek yuk....






GLOSARIUM
Azulgrana                            : Sebutan bagi FC Barcelona yang berarti biru-marun dari bahasa Kastila/Spanyol.
Ballon d’Or                          : Nama penghargaan untuk pemain terbaik yang dipilih oleh media massa, pelatih timnas, dan kapten timnas dari seluruh dunia. Lionel messi adalah satu-satunya pemain yang hingga saat ini berhasil memperoleh penghargaan Ballon d’Or sebanyak empat kali berturut-turut.
Barca B                                 : Merupakan tim pelapis atau tim reserve bagi tim utama Barcelona.
Boixos Nois                         : Barcelona memiliki beberapa fans garis keras, salah satunya adalah Boixos Nois.
Blaugrana                            : Sebutan bagi FC Barcelona yang berarti biru merah dalam bahasa Katalan.
Cadet                                    : Tim junior FC Barcelona untuk usia 12 tahun.
Camp Nou                           : Stadion megah  FC Barcelona, Camp Nou berarti “lapangan baru”.
Cant Del Barca                   : Judul Himne atau lagu resmi FC Barcelona.
Carer De La Industria      : Stadion pertama milik FC Barcelona setelah sebelumnya berpindah-pindah lapangan
Cule                                       : Sebutan untuk fans Barcelona yang berarti punggung.
Cules                                     : Sebutan untuk fans Barcelona dalam bentuk jamak. Sebutan ini  muncul karena banyaknya fans yang menyaksikan pertandingan FC Barcelona di Stadon Les Corts.
Catalonia (katalunya)     : Sebuah kota yang beribukotakan Barcelona. Kota terbesar kedua di Spanyol setelah Madrid.
El Clasico                              : Nama pertandingan antara FC Barcelona melawan Real Madrid
El Pichichi                             : Nama penghargaan untuk striker atau pencetak gol terbanyak dalam satu musim kompetisi liga Spanyol.
FCBotiga                             : Sebuah toko yang memasarkan dan menjual semua produk yang berhubungan dengan FCBarcelona. Terletak di pintu masuk nomor 9 menuju stadion Camp Nou.
Futbol Base                        : Metode pelatihan pemain muda
Juvenil                                  : Tim junior FC Barcelona untuk usia 16 tahun.
Buy Out Clause                 : Nilai kontrak pemain dengan klub yang menjamin para pemain untuk bisa meninggalkan klub jika ada klub lain yang bersedia membayar jumlah minimum.
La Manita                            : Sebutan untuk kemenangan 5-0 atas Real Madrid. Dalam bahasa Spanyol/Kastila, La Manita berarti tangan kecil.
Mes Que Un Club            : Motto FC Barcelona yang berarti “More Than a Club” dalam bahasa Inggris dan “Lebih dari Sebuah Klub” dalam bahasa Indonesia.
Perlas De Cantera            : Pemain berbakat dari akademi.
Rondo                                   : Salah satu latihan yang biasa dilakukan oleh semua tim di FC Barcelona dan menjadi dasar Futbol Base. Rondo biasa juga disebut permainan “kucing-kucingan bola” dengan bermain passing antar pemain dengan satu pemain mengejar bola.
Senyera                               : Bendera berwarna kuning emas dan merah, yang dipakai oleh Aaragon. Bendera ini dipakai juga oleh beberapa suku di Spanyol dan Prancis (salah satunya adalah suku Katalan).
Tiki-taka                               : Nama strategi FC Barcelona pada era Josep Guardiola yang lebih menekankan kepada passing-passing pendek dan ball possession.
Total football                     : Nama strategi yang jamak dipakai oleh tim-tim asal Belanda yang menekankan kepada kebebasan pemain.
Zamora                                 : Nama penghargaan untuk kiper yang memiliki jumlah gol kemasukan paling sedikit dalam satu musim kompetisi di liga Spanyol (la liga); diambil dari nama kiper legenda Spanyol, Ricardo Zamora.

Sumber   :  EL LLIBRE DEL BARCA

2 komentar: