Minggu, 18 Mei 2014

Cintai tubuh Mu, jauhi Anoreksia

Setiap orang di dunia ini pasti ingin menjalani kehidupan yang sempurna, mulai dari urusan keuangan, percintaan, keluarga, hingga masalah pribadi. alangkah baiknya jika semua berjalan mulus tanpa ada halangan apapun. namun sering kali yang terjadi  justru sebaliknya, kita sering mendapatkan masalah seputar ekonomi, percintaan yang kacau, hubungan keluarga yang tidak harmonis bahkan masalah pribadi yang sangat-sangat menyulitkan.
salah satu masalah pribadi yang sering mengganggu pikiran adalah masalah mengenai tubuh. manusia sering kali tak puas dengan bentuk tubuhnya, mereka merasa memiliki berat badan yang berlebihan, terobsesi untuk menjadi kurus, terganggu dengan pendapat lingkungan yang selalu berkomentar mengenai tubuhnya, kemudian berusaha menjalani diet ketat atau olahraga berlebihan. jika anda sudah sampai pada tahap ini, hati-hatilah, mungkin anda akan terkena Anoreksia.


apakah Anoreksia? anoreksia dapat dikategorikan sebagai penyakit kejiwaan, dimana penderitanya memiliki ketakutan yang berlebihan terhadap kegemukan. mereka akan berusaha sekeras mungkin untuk menurunkan berat badannya melalui diet ketat ataupun olahraga berlebihan.
ekstrimnya, walaupun sudah memiliki tubuh yang terlampau kurus, mereka tetap menganggap tubuh mereka gemuk. 
tidak ada yang tahu pasti penyebab utama anoreksia, hanya saja, munculnya penyakit ini sangat dipengaruhi oleh faktor lingkungan. banyaknya komentar-komentar negatif tentang tubuh mereka yang akhirnya mempengaruhi pola pikir penderita anoreksia.
akhirnya, penderita anoreksia akan kehilangan berat badan dalam jumlah yang besar, tubuh mereka kemudian tidak akan mampu menyerap sari-sari makanan sehingga dampak terburuknya adalah kematian.

berikut ini adalah beberapa contoh kasus penderita anoreksia

1. Dokter Kembar penderita Anoreksia

kedua orang perempuan disamping adalah penderita anoreksia. 
tubuh yang hanya terdiri dari tulang berbungkus kulit tersebut membuat mereka kelihatan sangat tua. padahal kembar yang berprofesi sebagai dokter tersebut masih berusia 20 tahun.
karena anoreksia, mereka rutin bolak-balik rumah sakit untuk menjalani pengobatan, padahal sebagai dokter merekalah yang seharusnya menyembuhkan orang lain.












2. model sixpack penderita anoreksia 

Jeremy Gilitzer merupakan model yang memiliki tubuh sixpack, sebelum terkena anoreksia ia memiliki wajah tampan yang mempesona para wanita. 
setelah terkena anoreksia, ia kehilangan bobot tubuh dalam jumlah yang besar. ia akhirnya meninggal pada usia 38 tahun hanya dengan berat badan 33 kg.













3. Jurnalis Yunani penderita anoreksia

Nana Karaggiani merupakan jurnalis asal Yunani yang pernah berprofesi sebagai model. 
wajahnya yang cantik dan tubuhnya yang putih berubah drastis setelah terkena anoreksia. wajahnya menjadi tua dan kulitnyapun menghitam. otomatis perubahan drastis tersebut membuat warga Yunani terkejut. 



berikut adalah beberapa contoh penderita anoreksia. bagaimana penyakit psikis tersebut memberikan perubahan yang begitu besar bagi tubuh seseorang.
cara mengobati penyakit anoreksia adalah dengan merubah mind-set yang mereka miliki mengenai tubuh mereka. mereka harus belajar menghargai dan mencintai tubuh mereka sendiri. penderita anoreksiapun harus segera menjalani pengobatan ke rumah sakit dan mengembalikan bobot tubuhnya ke keadaan semula. semoga hal tersebut, dapat memberikan pembelajaran kepada kita untuk mencitai tubuh kita apaadanya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar