Kamis, 18 Juni 2015

Frontliner BCA - Dari Psikotest hingga Tandatangan Kontrak

Okay, kali ini gue akan berbagi sedikit pengalaman yang baru saja gue alami kepada teman-teman, pengalaman ini berkenaan dengan sulitnya mencari pekerjaan di ibukota, setuju kan? mencari pekerjaan itu memang sesuatu yang harus dijalani dengan segenap pengorbanan, hehehe, jadi, setelah lulus, gue emang nggak langsung cari kerja, gue masih asyik bersantai ria dikampung halaman tercinta sembari menunggu ijazah keluar. Setelah tak mengerjakan appaun selama satu bulan, gue kembali ke Jakarta, kali ini dengan misi gue harus secepatnya dapat pekerjaan dan menghasilkan uang sendiri. yupzzz, begitulah kira-kira keinginan gue saat itu. 
Untuk mencapai keinginan ini, gue berjuang sekuat tenaga, mulai dari ikut jobfair, campus hiring, sampai bikin akun Job Street, dan well, gue mulai menerima banyak panggilan, ada yang langsung psikotest, namun ada juga yang langsung tahap wawancara. gue pun nggak mencari pekerjaan yang sesuai dengan latar belakang pendidikan gue yang adalah anak Komunikasi bidang Jurnalistik, entah sejak kapan, tapi keinginan untuk menjadi wartawan mulai hilang. 

Gue selalu mendatangi perusahaan yang memberikan undangan, bahkan ada beberapa perusahaan yang sudah mencapai tahap wawancara user, tapi apa daya, mungkin belum rejeki, sehingga prosespun tak berlanjut dan hanya berhenti sampai di situ. namun ada juga keadaan dimana gue harus memilih dan mengikhlaskan pekerjaan di salah satu perusahaan karena hati kecil gue lebih tertarik untuk bergabung dengan perusahaan lain, padahal, di perusahaan lain tersebut, gue baru mencapai tahap wawancara HRD, masih ada serangkaian tahap lain yang harus gue lewatin, dan okay, my mother pun ngomong ikutin aja kata hati kamu, kalau emang nggak keterima artinya belum rejeki. 
berdasarkan dorongan dari ortu tercinta, gue pun melepaskan pekerjaan yang udah didepan mata tersebut, tapi PUJI TUHAN, 1 bulan berselang, guepun mendapat kabar kalau gue diterima diperusahaan ini dan hanya tinggal melakukan penandatangan kontrak, waaaawwww, rasanya nggak bisa dijelaskan dengan kata-kata. 

Yupz, Perusahaan yang gue maksud adalah BCA atau Bank Central Asia, di kesempatan kali ini gue akan menceritakan semua tahap yang gue lalui dari awal psikotest hingga pemberkasan. okay, yang udah nggak sabar, mari kita bahas:


  • Pengiriman Email
Jadi, di BCA, gue mengikuti program Frontliner, frontliner inipun nantinya akan di bagi menjadi dua bagian, yaitu Teller dan CSO atau Costumer Service Officer. Sewaktu membuka website BCA, gue udha mendapatkan gambaran kira-kira pekerjaan seperti apa yang akan gue jalani nantinya kalau-kalau gue diberikan kesempatan untuk bergabung dengan perusahaan ini. Setelah paham dan tertarik akan pekerjaan ini, gue pun memutuskan untuk mendaftar via online, waktu itu tanggal 16Mei 2015 sekitar pukul 10 malam, gue mulai mengklik formulir pendaftaraan dan mengisi data selengkap-lengkapnya, setelah selesai, gue lalu meng-upload data yang udah gue isi tersebut.


  • SMS undangan
Lusanya, yaitu tanggal 18 Mei 2015, hp gue bunyi, dan gue lihat ada sms, ya udah lah paling juga dari telkom*el, kira-kira begitu waktu itu gue berpikir, hehhe, begitu gue buka ternyata dari BCA, dan isinya adalah undangan psikotest untuk program Frontliner. wahhh, senangnya bukan kepalang, apalagi waktunya sangat cepat setelah proses pendaftaran online. sesuai undangan tersebut, guepun lalu pergi ke WISMA ASIA 1 di Slipi pada tanggal 19 Mei 2015 pukul 2 siang, dan jreng, jreng, jreng...bertemulah gue dengan pelamar yang lain, setalah kenalan dan ngobrol-ngobrol, kita dipanggil ke ruangan untuk melakukan test, ternyata testnya cukup canggih, peralatan yang digunakan adalah peralatan komputer dengan akses internet. ada 5 jenis test yang dilakukan, mulai dari menghitung sampai logika tercakup dalam test ini, waktu pelaksanaan test tak berlangsung lama, kira-kira 1 jam. telah selesai, kamipun dipersilahkan pulang, sedangkan hasil dari test tersebut akan di umumkan besok pagi, peserta test dapat melihat sendiri di website BCA pada pukul tiga sore. guepun semakin nggak sabar untuk melihat hasil test tersebut, setelah pukul 3, gue mulai mengklik website tersebut, dan langsung membuka kolom pengumuman, dan PUJI TUHAN, nama gue ada diurutan ke 10. saat itu gue merasa jadi salah satu orang paling beruntung, karena kalau diingat-ingat, gue nggak menyelesaikan semua soal yang telah diberikan. dalam pengumuman tersebut, juga disertakan jadwal wawancara HRD beserta nama pewawancara yang akan mewawancarai kita. gue mendapat jadwal tanggal 21 Mei, pukul 12 siang di lantai 21 wisma asia 1.


  • Wawancara HRD
Well, setelah itu, tanggal 21 Mei, sesuai jadwal, gue pun datang ke tempat wawancara 30 menit lebih awal, setelah kenalan-kenalan lagi sama peserta wawancara yang lain, gue pun disuruh mengisi formulir, tak lama, gue dipanggil, dan proses wawancara pun berlangsung kira-kira 20 menit, gue banyak mendapat pertanyaan seputar kegiatan kuliah, mata kuliah yang paling disukai, pengalaman paling berkesan, dan sebagainya, berhubung sang pewawancara merupakan pribadi yang humble dan ramah, guepun menjalani wawancara tersebut dengan santai. guepun diberitahu untuk menunggu hasil dari wawancara ini paling lambat 1,5 bulan, jika berjodoh pihak perusahaan akan menghubungi via phone, namun jika tidak lolospun tetap akan di sms atau di email. 
Setiap hari, gue pun berharap ada nomor asing yang masuk, intinya, gue nggak pernah jauh-jauh dari hp gue tersayang. tiap hp gue bunyi, gue akan melesat dengan cepat, hehehe. satu minggu setelah wawancara hrd berlalu, sekitar pukul 3 sore, hp gue berbunyi, dan begitu gue lihat ternyata yang masuk adalah nomor perusahaan, setelah mengatur suara sehalus mungkin, guepun menjawab telepon tersebut, dannnnn DAEBAKKKKK, ternyata itu betul-betul panggilan dari BCA. gue di minta untuk melakukan wawancara USER pada tanggal 3 Juni 2015 di lantai 8 Wisma asia 1 pukul 10 pagi, gue langsung mengiyakan permintaan tersebut, dan pergi ke Wisma Asia 1 di hari yang telah ditentukan. 


  • Wawancara User
Berbeda dengan sebelumnya, kali ini gue datang tidak begitu cepat, kira-kira 15 menit sebelum jam wawancara, alasannya adalah karena gue terjebak macetnya ibukota, hikssss, masih untung nggak telat. begitu tiba di lantai 8, gue tak melihat seorangpun disana selain Security sama Receptionis, dan well, gue pun disuruh menunggu dulu, berbeda dari sebelum-sebelumnya, hari ini gue nggak kenalan sama siapapun, tepat pukul 10, gue disuruh masuk ke ruangan berdinding kaca (ya elllah lebaiiii nya), dan proses wawancarapun dimulai, kali ini proses wawancara berlangsung sedikit lebih lama, pertanyaan yang diajukanpun lebih bervariasi. setelah 30 menit, sang pewawancarapun mengakhiri sesi tanya jawab tersebut, kalau gue lolos tahap ini, gue akan di hubungi paling lama 2 minggu untuk melakukan medical check up. dan gue pun pulang, masih dengan menggunakan bus transjakarta tercinta, kalau 1,5 bulan aja gue bisa nunggu, masa 2 minggu aja nggak sabar sih, kalau emang jodoh pasti gue akan dihubungin lagi. setelah sampau rumah, gue lanjutin kegiatan gue yang paling menyenangkan, yaitu nonton drama Korea, sekitar pukul 2 siang, hp gue bunyi lagi, kali ini nomor asing, gue udah seneng, gue pikir BCA, setelag gue angkat ternyata bukan -.- akhirnya, gue pun tidur siang, karena bosen nunggu dan drakor gue udah abis, pas lagi enak-enak tidur, gue kebangun gara-gara hp gue bunyi lagi, gue lihat nomor asing lagi, begitu gue angkat ternyata betul BCA, buru-buru gue benerin suara gue yang masih serak-serak abis bangun tidur. hahahhaa, gue pun di minta melakukan medical check up di klinik Miracle di Sudirman Plaza besoknya pada tanggal 4 Juni 2015, selain itu, gue pun diminta untuk menyiapkan surat-surat, mulai dari ijazah sampai SKCK kalau-kalau nanti gue lolos Medchecknya. 

  • Medical Check Up aka Test Kesehatan
tanggal 4 Juni 2015, gue datang ke Sudirman pukul 8, sebetulnya janji medchecknya pukul 9, tapi karena kata temen-temen gue jalan di daerah sana macet, guepun berangkat super pagi dari rumah, dan untung kliniknya udah buka, abis ngisi data, gue mulai check kesehatan, mulai dari cek darah, tes urine, ketemu dokter umum sampai rotgen. prosesnya nggak begitu lama, kira-kira satu jam, setelah selesai check, gue pulang, sebelum pulang, gue masih bela-belain nanyain mas yang rotgen kapan hasilnya keluar, dan beliau berkata hasilnya akan keluar 2-3 hari ke depan. selama proses menunggu hasil medcheck keluar, gue pun mengurus surat-surat yang sebelumnya udah di pesen. berhubung gue masih pakai KTP daerah, surat-surat tersebut pun gue urus dengan bersusah payah, gue udah kayak setrikaan, bolak balik rumah pak RT, kantor RW, Kecamatan dan Kelurahan. hahaha. pak RT, jangan bosan melihat wajah saya ini ya, hehehehe
semua surat-suratpun akhirnya berhasil gue urus setelah 4-5 hari, tapi yang jadi masalah, ini kok BCA belum nelpon lagi, apa gue nggak lolos? jangan-jangan hasilnya jelek, aduhhh, masa sih, gagal di tahap terakhir. hati kecil guepun asyik menebak-nebak. tapi Mama gue terkasih lagi-lagi bilang "udah, sabar aja, orang baru satu mingguan kok", ya udahlah, gue berusaha untuk sabar, kalau memang bukan rejeki, pasti ada jalan yang lebih indah yang udah Tuhan siapin. Senin, 15 Juni 2015, pagi-pagi, pukul 10 pagi, hp gue bunyi, dengan semangat gue angkat, dan ternyata betul telepon tersebut dari BCA, horeeeeee, gue lolos medcheck, gue disuruh untuk pemberkasan, yaitu menyiapkan surat-surat yang diperlukan, tapi berhubung sebelumnya gue udah disuruh, guepun bilang kalau suratnya udah lengkap, lalu mbak-mbak yang nelpon bilang kalau akan dihubungi lagi nanti setelah tanggal penandatangan kontrak sudah ditentukan. guepun menutup telepon dengan hati berbunga-bunga. 

  • Penandatangan Kontrak
Selasa, 16 Juni 2015, sekitar pukul 11 siang, telepon dari BCA kembali masuk, masih dengan mbak-mbak yang kemarin, hehhehe, penandatangan kontrak sudah ditentukan dan akan dilaksanakan pada tanggal 18 Juni 2015, gue diminta datang dengan membawa surat-surat yang sudah ditentukan sebelumnya..... dan Tadi, pukul 9 pagi, gue ke kantor Wisma Asia 2 di lantai 12a. setelah kenalan sana-sini, kitapun mendapat penjelasan dan melakukan penandatangan kontrakkkk... HOREEEEEEEEEEEE, gue udah punya kerjaan, Puji Tuhan,,,,,, semoga gue dapat bekerja dengan baik, dan menjadi bagian yang sukses dari perusahaan ini hingga nanti. Amin


Jadi, teman-teman, itulah pengalaman gue selama melakukan serangkaian proses Frontliner di BCA. semogaaaa, gue dapat bekerja dengan baik, memberikan pelayanan yang berkualitas, dan mencapai kesuksesan kedepannya. AMIN

181 komentar:

  1. Kaka, kemarin saya ada panggilan juga via sms tapi isi sms nya ga muncul semua, ga tau psikotesnya di BCA regional mana, yg jelas tesnya untuk 30 juni selasa besok :( Ka saya mau tanya, apa untuk psikotes frontliner itu di satu lokasi di wisma asia ? karena saya dari luar kota
    tolong jawab ya ka

    BalasHapus
  2. wawancara user ditanyain apa aja? bls ya. makasih:)

    BalasHapus
  3. Zona..kmu diwawancara sm hrd yg pas tgl 5 Oktober gak?? Kmu nunggu brapa lama antara wawancara hrd ke wawancara user??

    BalasHapus
  4. Zona..kmu diwawancara sm hrd yg pas tgl 5 Oktober gak?? Kmu nunggu brapa lama antara wawancara hrd ke wawancara user??

    BalasHapus
  5. hmmm, wawancra user ditanyain lebih bnyak n mendalam, tapi masih seputaran diri kita masing2. intinya semangat kasih setiap jawaban, jujur, antusias n tonjolkan sisi positif yang kita miliki. semngat teman2.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kaka kerja di bca bagian apa ka ? Saya minta kontak personnya dong buat tanya tanya lebih lanjut boleh tidak ?

      Hapus
  6. Cso itu kerjqnya ngapain aja?
    Dan klo boletau gajinya berapa ya?

    BalasHapus
  7. Sorry mau tanya,sayatd sore dapet sms dr bca tapi tidak muncul semua,saya hanya dapat kabar setengah tidak tahu tes paikotes saya diterima atau tidak..menurut mbak saya mesti melakukan apa ya?

    BalasHapus
  8. Mau tanya dong saya udah isi datanya, gimana caranya tau kalo data saya sudah di terima? Dan kalo ga dapet sms dalam waktu 3 hari berarti tidak di terima begitu kah? Tolong bales ya :)

    BalasHapus
  9. -cso itu yg kerjaannya kayak gntiin buku kalo ilang, proses buka rekening dll. disini kita bilangnya uang saku. uang saku ini menurut gue cukup buat bayar kost, nontn tiap minggu, n sisanya bisa juga buat nabung, intinya lumayan banget untuk fresh graduate.

    dilla@coba telepon di kantor pusat, cari nmor yang bisa dihubungi di website resmi.

    putri@ nggak bisa dipastiin juga sih, kadang ada yang cepat ada juga yg lama, tunggu aja put, kalo dah mereka terima n mereka tertarik, nanti juga dikabarin.. semangatttt

    BalasHapus
  10. selamat pagi ka....kemaren saya ikut tes tanggal 03 nov tapi di web pengumuman ko belum ada ya? :(

    BalasHapus
  11. ka...kalo liat dari postinganya kaka kan bulan mei dapet pengumuman dr bca bisa diliat di web, tapi kalo aku liat di web bca postingan cuma sampe data april ya. liatnya di pengumuman program frontliner kan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, memang sebelumnya udah dikasih tahu sama pihak bca bisa di lihat di webnya kapan, atau, mungkin diumuminnya ga lewat web, bisa juga ditelepon satu2. maaf ya baru bales, soalnya sekarang jarang buka blog.

      Hapus
  12. Q dapat panggilan seleksi besok kak d wisma Bca lantai 19, ngg tau buat psikotest/apa. pemberitahuan via sms dsuruh bawa alat tulis sama berkas" lamaran.

    BalasHapus
    Balasan
    1. biasanya kalo disuruh bawa alat tulis, memang untuk psikotest. hehe

      Hapus
  13. Jadi intinya panggilan pertama dr bcaitu via sms ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. ga bisa langsung dibilang panggilan cuma dilakukan via sms, ada juga yang ditelpon.

      Hapus
  14. Kalo boleh tau syarat untuk bisa menikah di BCA itu setelah berapa lama kerja/kontrak sis?

    GBU :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo masuknya jalur bakti, itu ga boleh menikah selama masih kerja di bca. tap kalo jalur pfl, itu ga boleh nikahnya ditahun pertama aja waktu lagi masa training

      Hapus
    2. Mba mau tanya, kalo hasil test psikotes itu bisa di lihat secara online? Nama situs nya apa ya? Kmarin lusa saya selsai psikotes tahap 2 di learning center antapani bandung, katanya tinggal nunggu panggilan interview user dr cabang kota masing2 sampai 15 januari. Saya suka penasaran+ga sabar buat tau hasilnya. Jd pengen cari tau sendiri gitu hehe
      Makasih sbelum nya

      Hapus
  15. Maaf mau tanya, saya dpt telp dari no kantor bca tp tidak terangkat, kemungkinan untuk panggilan interview tahap 1 setelah lolos psikotes. Kira2 gimana ya saran kalian? Soalnya saya telp balik no nya tidak bisa di hubungi. Mohon pendapatnya yg punya pengalaman sama.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    2. coba telpon ke kantor bca dlu, kalo misalnya ga bisa, tunggu aja eka, nanti mereka biasanya akan coba hubungi kamu lagi, jgan jauh2 dari hp ya

      Hapus
  16. Mbak mau nanya , mbak tinggi ny berapa ya?Klo jdi frontliner min tinggi nya berapa mbak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. aq 164cm. sebetulnya tinggi badan ga ada batas minimalnya, kan bisa dibantu hells juga.hehe

      Hapus
  17. Kmren saya ikut seleksi tgl 16 tp smpe skrg blm ada info lg.. apa gagal ya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. seleksi tahap apa mas ?? interview 1 kah ??

      Hapus
    2. Udah sampe med check kmren tgl 19 .. skrg lagi nunggu hasil med check nya km ikut jg ?

      Hapus
    3. Mas pas med check dikasih tau soal pemberkasan gak???

      Hapus
    4. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  18. Baru aja beres tadi user, duh dalem dan sangat menekan banget yah pas di user jadi down kayanya ga lolos deh, org lain cuma 5 menitan masa saya 20 menit hehe Kalo dri User ke Medceck brp lama ya biasanya? mengingat ini akhir taun juga hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sorry baru bles. Klo makin lma setau gw mkin bgus. Kan intinya dia penasaran sma u dan pengen tau lbh dlm.
      Wktu itu gw dibilangnya 2minggu. Tpi ternyata besoknya udh dikabarin.

      Hapus
    2. mba, waktu itu psikotes + interview 1 tgl brp ?? saya di suruh tunggu 1,5 bulan pengumuman intrview 1 tp lupa tgl nya smpe skrg blm ada kabar -_-

      Hapus
    3. mba waktu interview user ditanya apa aja? saya lagi nunggu panggilan interview user tapi sampai hampir 1 bulan belum ada kabar, bagaimana yaa.

      Hapus
  19. Saya tanggal 21 kemarin intrvw user di wisma asia lt.8 dan disuruh nunggu maks 2 minggu kabar buat medcek. Kira2 ditahap ini masih ada sistem gugur atau gmn ya? Soalnya kemarin cuma 2 orang yg di intrvw,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masih ada. Dari 2 org yg interview itu setau gw dipilih 1.

      Hapus
    2. mas kalo boleh tau interview HRD nya tgl brp ya ? terus di tlp nya berapa lama dr interview hrd itu ??

      Hapus
    3. Dian : sekarang saya sudah sampai tahap tes kesehatan mbak dan jg diminta untuk mempersiapkan berkas2, tp sdh hampir 1 bulan saya blm dpt tlp lg dr bca, maksimal pengumuman tes kesehatan brapa minggu ya? apa kalo tdk lolos tes kesehatan akan dikabari jg? soalnya sdh hampir 1 bln belum ada kbr lg, apa saya memang sdh tidak lolos tes kesehatan

      Hapus
    4. Putri : saya intrview hrd tgl 8 desember mbak, 2 minggu kemudian dapat telpon untuk interview user

      Hapus
    5. intv Hrd jam brp wktu itu mas ?? sama siapa ?? ibu helen bukan ??

      Hapus
    6. Intrvw hrd ku jam 9 mbak, sama bu novita

      Hapus
    7. Bayu gmn udh ad kbar lagi blm .. sya juga udh 2 minggu dri tes kshtan dinyatakan lolos tp blm dpt panggilan lagi

      Hapus
    8. Kemarin dpt tlfn dr bca katanya prosesku lg dihold dl soalnya wilayah buat penempatanku penuh, td nya di jakarta barat tp kemungkinan dipindah, dan diminta buat intrvw user lg, masnya kemarin pas intrvw user dimana?

      Hapus
    9. bayu kontak saya ya biar gampang tanya" pin 570c5080 atau no hp 083827664688. thx

      Hapus
    10. hallo bayu, saya mau tanya waktu pemanggilan untuk interview user 2 minggu yaa? saya sudah sebulan nunggu panggilan user, baru sampai tahap interview hrd, apakah saya sudah tidak lolos atau bagaimana yaa? terimakasih ditunggu balasan nya

      Hapus
    11. mba mau tanya tes psikotes apaaja yang di tes ? tolong jawabannya yaa

      Hapus
  20. Maaf mau tanya yang baru ini pada lolos psikotes, ada tes menggambarnya ga yah, soalnya aku paling ga bisa gambar. Mhon infonya. Trima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Klo frontliner ga ada tes gambar. Klo lulus psikotest lngsung wawancara HRD.
      Klopun disuruh gambar jgn takut. Yg diliat bukan bagus atau nggak nya kok.

      Hapus
    2. Klo frontliner ga ada tes gambar. Klo lulus psikotest lngsung wawancara HRD.
      Klopun disuruh gambar jgn takut. Yg diliat bukan bagus atau nggak nya kok.

      Hapus
    3. Mbak klo psikotest bawa surat lamaran atau cv gak?

      Hapus
    4. mba dian tes psikotes frontliner apa aja yg dites kn y? tlong jwabnnya ys

      Hapus
  21. klo yang d luar jakarta kemana applynya ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kurang tau. Kyaknya ada di website juga.

      Hapus
    2. Klo luar jakarta langsung ke KCU aja, gue juga gitu..
      Sama nih ky yg lain.. Lg nunggu pengumuman juga

      Hapus
  22. kak mau tanya dong mksdnya program frontliner yg pendidikan 1 tahun maksudnya gimsna yah?
    ttd kontrak itu kerja langsung kak?
    thanks.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, training dlu 1 taon. Trus ujian, klo lulus ikatan dinas 2 taon. Abs itu terserah kmu mau lnjutin ap nggak.
      Pas 1 taon training itu 2 bulan in class. 10 bulan kerja di cabang.

      Hapus
    2. Mba mau tanya berarti kalo udh training 1 tahun dan lulus trus dinas lg 2 tahun, selama 3 tahun itu ga boleh menikah y mba?

      Hapus
    3. Mba mau tanya berarti kalo udh training 1 tahun dan lulus trus dinas lg 2 tahun, selama 3 tahun itu ga boleh menikah y mba?

      Hapus
  23. mba mau tanya dong biasanya kalo dr interview 1 lolos ga nya di kabarin kan ya ?? soalnya interview 1 dr bulan desember di kasih tau nya suruh tunggu 1,5 bulan nti kalo lolos di tlp kalo gagal di sms/email . tp smpai sekarang ga ada kabar . aku bingung sendiri . mau tanya jg bingung kemana :(

    BalasHapus
  24. Sist...bisa ceritain gak psikotest yg kamu laluin secara lengkap apa aja sist ?

    Karena saya besok jg ada psikotest di bca insurance sist :)

    BalasHapus
  25. Sist...bisa ceritain gak psikotest yg kamu laluin secara lengkap apa aja sist ?

    Karena saya besok jg ada psikotest di bca insurance sist

    JBU :)

    BalasHapus
  26. maaf mau tanya, kalau di BCA itu boleh berhijab atau tidak ya?
    lalu untuk berat badan apa ada kriterianya ka
    mohon di balas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Boleh aja sih mba, soalnya pas aku interview juga banyak yg berjilbab..
      Berat badan kayaknya ga diliat deh,, aku aja gemuk kok

      Hapus
    2. Boleh aja sih mba, soalnya pas aku interview juga banyak yg berjilbab..
      Berat badan kayaknya ga diliat deh,, aku aja gemuk kok

      Hapus
  27. Sis biar makin pede di order yuk pemutih thailandnya.. Dijamin original!!
    Add line @lhi0591f aja kak, lagi ada diskon yuk buruan!

    BalasHapus
  28. Sis biar makin pede di order yuk pemutih thailandnya.. Dijamin original!!
    Add line @lhi0591f aja kak, lagi ada diskon yuk buruan!

    BalasHapus
  29. mbak aku mau tanya dong, aku ikut program frontliner bca tanggal 1 desember 2015 buat psikotest, dan pada tanggal 26 januari 2016 aku interview hrd, kira kira lama panggilan ke user berapa lama ya mbak?? oh ia mbak program frontliner ama magang bakti apa bedanya?? aku lulusan d3 mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setau saya kalo magang bakti itu kita di kontrak maksimal 3th, lalu nanti kalo kita suda s1 bisa mengikuti tes pegawai tetap, kalo program frontliner kita di training selama satu tahun, dan menerima uang saku bukan gaji, tapi setelah training setahun kita langsung jadi pegawai tetap di BCA

      Hapus
  30. Mba aku ikut program magang baktinya bca, udah smpai di tahap interview akhir. Waktu interview ada 4 orang, itu udah pasti llus smua kh mba atau gmna yah?

    BalasHapus
  31. Mba aku ikut program magang baktinya bca, udah smpai di tahap interview akhir. Waktu interview ada 4 orang, itu udah pasti llus smua kh mba atau gmna yah?

    BalasHapus
  32. Hbis interview jrak sminggu d tlp buat medcek. Aku udh medcek dan dinyatakan lolos tp udah 2 minggu blm ada panggilan bwt ttd kontrak.. jadi galau

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama mas aku jg udh dpt telpon dinyatakan lolos medcek tp sampe sekarang blm dihubungi lagi, katanya dihold dulu soalnya di jakbar penuh dan mau dipindah ke jakarta yg lain, masnya pas interview user dimana?

      Hapus
  33. Biasanya jarak pengumuman hasil psikotes 2 ke interview user itu brp lama ya? saya sikotes 2 tgl 16 feb sampe sekarang blm ada sms buat interview user jd hhc nih:(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mbaknya program frontliner apa yg magang bakti?

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  34. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  35. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  36. Cepat y testnya, klw saya ikut walk in interview di bln november akhir, lalu dipanggil sikotest tgl 7 januari 2016 dan lolos masuk intervew HRD tgl 3 maret 2016 dan skrg msh menunggu ap lolos ke tahap interview user ap gk. Dan saya ad kesalahan pengisian formulir sedikit yg dimana penguasaan bahasa menggunakan poit 1,2,3 tp sy mlh tulis 1-100 krn wkt pengisian cm bagian itu yg sy tdk baca petunjuknya krn mati lampu di mlm hr dan bsk sudah interview, lalu keceplosan bilang sy takut darah. Ap itu jd mslh? Mohon jawabannya, krn sy galau dgn 2 hal itu. Udh susah payah test dan lama lagi wkt na.

    BalasHapus
    Balasan
    1. mas bisa ksh tau tes apa aj pskotesnya ? tlong jwab yaa

      Hapus
  37. mau tanya dong, yang kamu ikut itu emang lowongan atau ikut program magang bakti?? thanks :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sy gk tau,BCA stg ke kampus km dan wa ikut walking interview tau na lolos ke sikotest, dan stlh 1 bulan 2 minggu di tlp interview HRD dan user. Dan skrg wa msh menunggu gk ad kbr sm sx, asli galau jd na. Kata na klw gagal bakal di sms/e-mail tp gk ad dpt. Udh mau 1 bulan tgl 3 April pas 1 bulan jg gk ad kabar.

      Hapus
  38. mau tanya dong saya kan besok suruh medical check up !, cuma sruh dtgnyaa ke wisma asia 1 pas td ditlfn, emg udh adaa ygg disnahh medchecknyaa ???

    BalasHapus
  39. Mau tanya donk, interview user biasanya ditanyain apa aja sih? Yg interviewnya sendiri apa banyakan? Rabu ini ada panggilan buat interview user d bca bandung nih, degdegan bgt. Makasih ya sebelumnya..

    BalasHapus
  40. ka tanya dong, untuk pemberkasan bisa pakai surat keterangan kelulusan gak? karna masih belum dapat ijazah / blm wisuda S1. thanks

    BalasHapus
  41. Mbak mas kira2 berapa lama ditelpon dinyatakan lulus mcu?

    BalasHapus
  42. tadi dpt tlp bca 2 kali,,,lagi dijalan gak tau :(

    BalasHapus
  43. Berarti Lebih Baik Program Frontliner BCA 1 Tahun Yang Otomatis Sudah Langsung Jadi Karyawan Tetap, Daripada Magang Bakti BCA Yang Nantinya Ikut Test Lagi Untuk Menjadi Karyawan Tetap. Cepekkk Dehhh.

    BalasHapus
  44. Saya Kemaren Ikut Program Frontliner BCA Tetapi di Panggil Untuk Magang Bakti BCA. Kira2 Kenapa Bisa Begitu ya. Thanks.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mas septian itu pendaftaran yg kpan y mas? Kl g slah ini kan lg ada jg ya.

      Hapus
    2. Mas septian itu pendaftaran yg kpan y mas? Kl g slah ini kan lg ada jg ya.

      Hapus
  45. 2 bulan yg lalu, baru di panggil psikotest minggu depan. Ya ada.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Q baru apply sih tapi g tau msh bsa apa gak..tp tulisannya close date nya juni y...mas daerah mana tes dmn?

      Hapus
  46. Mbak Dian kl ijazah belum keluar apa bisa pkai skl?

    BalasHapus
  47. Tri R : masih bisa posisi yg lain juga masih banyak apply2 aja, buat emailnya lebih dari satu, yg kira2 masuk kualifikasi.

    BalasHapus
  48. Tri R : Setahu aku kalo gk ada ijazah gk bisa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Udah mau keluar sih ijazahku....ya semoga aja.heheh oya program fl itu penemptan seluruh indonesia kan y?

      Hapus
    2. Ya di seluruh indonesia, sesuai dengan domisili

      Hapus
    3. Okay deh terimakasih mas...dtunggu kbar baiknya ya..sukses selalu

      Hapus
    4. mau tanya mas, saya daftar sudah sekitar satu bulan tapi belum ada panggilan ya, kira kira kenapa ya mas? daftarnya itu yang melui websitenya kan?

      Hapus
    5. Sebenarnya Sy Kurang Tahu Kemungkinan Usia maksimal, Karena ada teman sy juga seleksi adm tidak d pnggil. Atau mungkin mmng blum ada pnggiln. Di tunggu saja mas, berdoa saja, siapa tahu nnti d pnggil.

      Hapus
  49. mau tanya mas, saya daftar sudah sekitar satu bulan tapi belum ada panggilan ya, kira kira kenapa ya mas? daftarnya itu yang melui websitenya kan?

    BalasHapus
  50. selamat siang, saya mau tanya nih 1 bulan yg lalu tepatnya sekitar tanggal 12-15 juni saya dpt panggilan test dan interview dr BCA via call untuk datang interview dan test pada besok lusa nya. Saya mengikuti jalur rekomendasi, krn org tua saya bekerja di BCA sbg KABAG dan sdh bekerja kurang lbh hampir 25 tahun.tapi hingga saat ini saya blm mendapat panggilan lagi. Apakah ini tandanya saya tidak lolos ya?

    BalasHapus
  51. Psikotest ku Tgl 21 April
    Interview SDM Tgl 22 Juni (katanya 1 minggu bru dikabarin utk Medcheck)
    Medcheck Tgl 23 Juni
    Teman yang barengan Medcheck besoknya ditelp buat pengarahan

    4-8 Juli (Bank libur)
    13 Juli 2016 Belum ada kabar.. huhuhu ak bingung

    BalasHapus
  52. ka mau tanya dong saya kan udah lama bgt nih interview HRD nah sampe sekarang saya belum ada panggilan atau pun sms kalau saya ga di terima. menurut kaka saya keterima atau emang udah ga keterima?soalnya saya jadi bingung nunggu ga jelas gini :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama aku juga lagi nunggu panggilan user, kemarin interview hrd tgl berapa? dan untuk program apa? aku udah sebulan nih gak ada kabar, sama bingung nya ;(

      Hapus
    2. Aku baru dapet panggilan psikotes tgl 3 Agustus nanti nihh, kirakira apa aja ya waktu psikotes dan interview awalnya? sharing dong :-)
      Trerimakasihh

      Hapus
    3. Aku baru dapet panggilan psikotes tgl 3 Agustus nanti nihh, kirakira apa aja ya waktu psikotes dan interview awalnya? sharing dong :-)
      Trerimakasihh

      Hapus
    4. Udah psikotest dan intvw nya ka?utk psikotest nya sulit ga ka?

      Hapus
    5. Udah psikotest dan intvw nya ka?utk psikotest nya sulit ga ka?

      Hapus
  53. kak,berkas yang diminta pas ttd kontrak apa aja ya?? ijazahnya fotocopy atau yg asli???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kak janet boleh minta kontaknya ga? Aku mau nanya nanya nih ikut yg kelas september bukan?

      Hapus
    2. Kak janet boleh minta kontaknya ga? Aku mau nanya nanya nih ikut yg kelas september bukan?

      Hapus
  54. Gue gagal ujian tahap 3, hadeeeh.. nyeseek banged dah.
    Tanggal 16 Agustus 2016

    BalasHapus
    Balasan
    1. maaf kalo boleh tahu ujian tahap ke 3 nya apa ya kak? Terus itu langsung di umumin yg gagal atau ga nya? Makasih sebelumnya

      Hapus
  55. Disini ad gak yg tgl 25Ags nanti test psikotes sekretaris BCA? :)))

    BalasHapus
    Balasan
    1. permisi, boleh nanya nggak psikotes sekretaris BCA kayak gimana? ada tes menggambar? saya juga tanggal 15 ini ada psikotes untuk posisi itu,.

      Hapus
  56. Ka saya coba ngisi di formulir pendaftaran online di web resmi bca tapi bagian pengalaman kerja gak saya isi, sama bagian universitas yg (S2) karena saya baru lulus S1 tapi kok gak bisa ke save ya datanya? Apa harus tetap diisi atau gimana? Mungkin ada yg tau? Terima kasih

    BalasHapus
  57. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  58. Maaf mau tanyak..saya sudah 5 email betbeda utk mendFtR di web BCA tapi satupun gada dipanggil...udah 3 bulanan lah...itu kira2 apa data kita udah kedetek

    BalasHapus
  59. Maaf mau tanyak..saya sudah 5 email betbeda utk mendFtR di web BCA tapi satupun gada dipanggil...udah 3 bulanan lah...itu kira2 apa data kita udah kedetek

    BalasHapus
  60. Maaf kakak2 semua mau tanya. Kalian ada tidak yg ikut test di gatot subroto slipi tnggl 2 september 2016 besok?

    BalasHapus
  61. slmt siang. mau tanya saya sudah medical chek up per 1 september 2016. tp blm ada panggilan ttd pk. kira2 masa tunggunya berapa lama ya. ??

    BalasHapus
    Balasan
    1. sudah ada kabar dari BCA? saya medical checkup per tanggal 7 desember 2016 , kira kira berapa hari ya nunggunya

      Hapus
    2. Sekitar seminggu kalo ga salah, minta kontaknya dong

      Hapus
    3. Ka mau tanya dong, tes mcu nya apa aja ya ka yg diperiksa selain tes urine dan tes darah? Apa sampai ke dalam2 diperiksanya? Terimakasih

      Hapus
  62. Maaf kak. Mau tanya nih. Saya udah paikotest dan interview sama pihak psikotestnya. Tapi setelah itu kita smua gak dikasi tau disuruh nunggu brapa hari untuk panggilan selanjutnya. Ini sudah 3 minggu gak ada kabar kak. Kira2 harus nunggu brapa hari lg ya kak?
    Atau saya harus tanya ke pihak psikotestnya dikabarin kapan? Atau tanya pihak BCA?
    Tolong Jawab ya kak. Terimakasih :)

    BalasHapus
  63. ada yang dari bali ? mau tanya dong

    BalasHapus
  64. ada yang dari bali ? mau tanya dong

    BalasHapus
  65. Pagi, kak. Besok saya mau psikotes staf di Wisma Slipi. Sebelumnya saya apply banyak posisi BCA jadi bingung juga saya dipanggil seleksi di posisi staf apa. Kalau di web info BCA, seleksi psikotes jadwal lain jelas untuk staf apa, tapi untuk besok ini tidak ada keterangan. Apa kakak ada saran sy harus tanya bagaimana dan ke siapa?
    Oya, apakah semua seleksi dilakukan di Jakarta? Krn saya dari Jawa Timur.
    Terima kasih.

    BalasHapus
  66. Kk maaf mau tanya kalo sebelumnya pernah menikah, kira kira lolos gk ya ngelamar di BCA?

    BalasHapus
  67. Ada yang dpt panggilan kamis tanggal 13 oktober di JDC? mungkin bisa bareng :)

    BalasHapus
  68. Permisi, aku baru dapet email, tlp sama sms dr BCA untuk psikotest sekretaris tgl 15 okt di wisma asia lt.21. Ada yg dapet kah? Bareng dong.

    BalasHapus
  69. Permisi, aku baru dapet email, tlp sama sms dr BCA untuk psikotest sekretaris tgl 15 okt di wisma asia lt.21. Ada yg dapet kah? Bareng dong.

    BalasHapus
  70. permisi, aku mau tanya.. aku dari luar kota jakarta.. kalau daftar via online.. biar dipanggil apa harus sekalian mengirim berkas ya?

    BalasHapus
  71. Halo mbak dian.. Saya mw nanya nih,untuk gaji atau sallary Frontliner yg baru keterima d bank BCA berapa ya mbak? Trimakasi..
    Tuhan Yesus memberkati..

    BalasHapus
  72. Halo mbak dian.. Saya mw nanya nih,untuk gaji atau sallary Frontliner yg baru keterima d bank BCA berapa ya mbak? Trimakasi..
    Tuhan Yesus memberkati..

    BalasHapus
  73. Kak kalo ngelamar langsung naro lamaran ke kantor cabang bisa gak sih?

    BalasHapus
  74. Kak kalo ngelamar langsung naro lamaran ke kantor cabang bisa gak sih?

    BalasHapus
  75. Kalau udah pernah gagal di interview apakah bisa mencoba kembali ya? Baru interview sih, belum psikotes. Masih tahap awal. Mohon informasinya ya kak. Terima kasih.

    BalasHapus
  76. Maaf mba mau tanya kalo medical check up itu biaya dari kita atau pihak bca.1??
    Mohon dijawab makasih

    BalasHapus
  77. maaf mau tanya,kalo interview user kita harus bawa lampiran apa ajah yah?

    BalasHapus
  78. Maaf mau tanya,ada yg dpt panggilan psikotest tgl 17 jan ini ga?

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai Risa Putri, kamu ikut psikotes tgl 17 jan udah ada proses ke tahap selanjutnya belum?..

      Hapus
    2. Risa ikut psikotes tgl 17 jan ya? Udah ada ada panggilan interview user blom?

      Hapus
    3. Mas Rian ikut psikotes tgl 17 jan ya? Udah ada panggilan interview user blom?

      Hapus
  79. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  80. Hi mba Dian, saya ingin tanya dulu waktu kirim online program rekrutmen BCA setelah upload formulir lalu dapat konfirmasi di email kita ya? Lalu jika seleksi administrasi diterima lanjut dpt kabar utk psikotes ya?

    BalasHapus
  81. Saya mau tanya mba kalau saya mengajukan lamaran dan di tlpon di suruh interview.. tapi apakah faktor gigi mempengaruhi proses di terima atau tidaknya karena saya memiliki gigi gingsul dan gigi bawah sedikit berantakan

    BalasHapus
  82. Halo, sy baru dapat sms dr BCA terkait undangan psikotest tgl 14 maret 2017. Ada yg dr arah Tangerang gak ? Biar ada tmn, soalnya sy di sini kebetulan lg liburan. Hehehe

    BalasHapus
  83. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  84. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  85. hai saya ada ikut psikotes tgl 15 maret di batam, ada yang sudah dapat panggilan interview?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya di Batam brow.. tgl 15 WA GW aja 082174426668

      Hapus
  86. Hai..
    Saya dpt undangan psikotest sekretaris tanggal 29 maret nanti ada yg samakah ? Asal sumatera tp skrg lg liburan kebekasi dan alhamdulillah dpt panggilan. Wa yaa 081930337893

    BalasHapus
  87. Saya sudah interview hrd untuk program frontliner tapi seminggu belum ada kabar lagi ya ? Cape juga kan nunggu terus hehe

    BalasHapus
  88. Hai mba , saya dapet surat undangan test ke jakarta , saya sendiri dari bali mba , saya mau nanya biasanya kalo panggilan test itu yg resmi langsung di telpon/sms atau bs lewat email juga?
    Saya takut kalo penipuan mba ,
    Mohon informasi nya mba
    Makasi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya juga dapat undangan unterview tpi di bali lewat email, itu asli atau penipuan yh, takut ketipu soalnya dalam undangan itu ada kerjasama dengan trevel

      Hapus
  89. Siang mba, tadi pagi saya dapat panggilan interview dari email hrd.bca@asia.com tpi ktanya di bali n saya domisili di makassar, mohon bantuannya semua soalnya takutnya ini penipuan terimakkasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo setau saya email dari recruitment bca itu recruitment@bca.co.id mbak tp itu saya dipanggilnya dijakarta.. Cmiiw

      Hapus
    2. Hai ayhu sya juga ada panggilan dari email yg sama. Untuk hari senin di bali. Setelah sya tlf ke kantor nya,, sya jelaskan katanya benar ada undangan interview,, dan disuruh datang 30 menit sebelumnya.

      Hapus
  90. met mlm kak,, sya mw tanya klau skcknya bukan skck jakarta and udah mati bsa ga ya ?

    BalasHapus
  91. Mbak Dian sy mau tanya
    Saya apply di BCA untuk Program Relationship Officer
    Apakah penempatan kerja akan sesuai tempat tes atau domisili?
    Dan jika diterima kerja statusnya sebagai pegawai kontrak, training, atau pegawai tetap?
    Terima kasih

    BalasHapus
  92. Mbak Dian sy mau tanya
    Saya apply di BCA untuk Program Relationship Officer
    Apakah penempatan kerja akan sesuai tempat tes atau domisili?
    Dan jika diterima kerja statusnya sebagai pegawai kontrak, training, atau pegawai tetap?
    Terima kasih

    BalasHapus
  93. Khusus Mahasiswi BCA TRAINING CENTER/ BLI di Sentul city yang sedang mencari tempat kost yang aman, nyaman dan bersih dapat menghubungi saya di 081319667214, lokasi hanya 5 menit dari tempat kuliah.

    BalasHapus
  94. Halo mba. Saya agak bingung mengenai Jalur Magang Bakti dan PFL ....
    Di katakan bahwa program PFL d kususkan untuk FreshGraduate. Nah saya FreshGrad ni. Cuma waktu itu saya ikut yg .agang bakti. Sedangkan magang bakti kan cenderung untuk yg masih kuliah atau SMA. Pertanyaan saya begini :

    1. Apakah ada kebijakan dri pihak BCA untuk memasukan atau mengganti jalur saya yg tadinya dri Magang Bakti menjadi k program PFL melihat status saya sudah lulus S1/sarjana saat saya mengikuti proses rekrutmen ini? Alasan saya bertanya seperti ini dikarenakan kontrak tidak menikah yg BCA berikan.

    Ada yg bilang jika mengikuti program magang bakti berarti tidak menikah selama masa kontrak? Berarti jika kontrak 3 tahun berarti tidak menikah selama 3 tahun?

    Ada yg bilanng kalo di peogram PFL kontrak tidak menikah hanya d tahun pertama saja. Jadi tahun 2, 3 dan seterusnya jika memang memutuskan untuk menikah itu bukan suatu masalah.

    Sekian pertanyaan saya. Mohon bantuannya mba. Terimakasih. Kalo bisa di cc k email saya ya jawabannya. kusumab14@gmail.com

    Makasih GBU

    BalasHapus
  95. Mba dian mau tanya, tgl 12 desember udah interview user , pas itu ada 6 orang yang lolos interview user. Dari 6 orang itu yang dapet panggilan cuma 1 orang itupun dari kab. Lain yang 5 orang itu 1 kabupaten.. Berarti apakah yang 5 orang itu ga lolos interview user?

    BalasHapus
  96. Siang ka.. Mau nanya kira" pas ttd kontrak dkasih tau kontraknya brp lama yah? Thx

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku udh MCU 20 hari lalu, tp blm ada kabar . Temen2 barengan ku sudah di panggil semua untuk jadi CSO. Hanya saya yg blm di panggil 😔

      Hapus
  97. JOIN NOW !!!
    Dan Dapatkan Bonus yang menggiurkan dari dewalotto.club
    Dengan Modal 20.000 anda dapat bermain banyak Games 1 ID
    BURUAN DAFTAR!
    dewa-lotto.name
    dewa-lotto.com

    BalasHapus
  98. JOIN NOW !!!
    Dan Dapatkan Bonus yang menggiurkan dari dewalotto.club
    Dengan Modal 20.000 anda dapat bermain banyak Games 1 ID
    BURUAN DAFTAR!
    dewa-lotto.name
    dewa-lotto.cc
    dewa-lotto.vip

    BalasHapus
  99. JOIN NOW !!!
    Dan Dapatkan Bonus yang menggiurkan dari dewalotto.club
    Dengan Modal 20.000 anda dapat bermain banyak Games 1 ID
    BURUAN DAFTAR!
    dewa-lotto.cc

    BalasHapus
  100. JOIN NOW !!!
    Dan Dapatkan Bonus yang menggiurkan dari dewalotto.club
    Dengan Modal 20.000 anda dapat bermain banyak Games 1 ID
    BURUAN DAFTAR!
    dewa-lotto.cc

    BalasHapus
  101. JOIN NOW !!!
    Dan Dapatkan Bonus yang menggiurkan dari dewalotto.site
    Dengan Modal 20.000 anda dapat bermain banyak Games 1 ID
    8 Pasaran Togel Terbaik Bosku
    Joker Slot, Sabung Ayam Dan Masih Banyak Lagi Boskuu
    BURUAN DAFTAR!
    MENYEDIAKAN DEPOSIT VIA PULSA TELKOMSEL / XL
    DOMPET DIGITAL OVO, DANA, LINK AJA DAN GOPAY
    UNTUK KEMUDAHAN TRANSAKSI , ONLINE 24 JAM BOSKU
    dewa-lotto.site

    BalasHapus
  102. https://jualpartisir8indonesia01.blogspot.com/
    https://id.pinterest.com/partisir8indonesia01/_saved/
    https://www.kaskus.co.id/@partisipamer619/viewallposts/?ref=header&med=profile_menu
    https://wordpress.com/posts/partisir8indonesia01.wordpress.com
    https://www.instagram.com/partisir8indonesia/
    https://twitter.com/r8indonesia01
    https://www.jualo.com/profile/iklan
    https://www.tokopedia.com/salsabilahnur
    https://www.youtube.com/channel/UCGxKdi6BLuY9wbCAmXn5-xQ
    https://medium.com/me/stories/drafts
    https://www.linkedin.com/in/partisi-r8-indonesia-b1b599214/detail/recent-activity/
    https://sites.google.com/u/1/new?authuser=1


    BalasHapus
  103. Sebelum melakukan Transfer saldo dari LinkAja ke BCA, Aku ingin ingatkan. Harap perhatikan dengan baik dan fokus saat mengaplikasikan tutorial dari Aku yah. Jangan terburu-bur, santai aja gaes. Kalau bisa dibaca dulu sebelum praktek itu lebih baik. Oke, berikut cara selengkapnya. Transfer LinkAja ke BCA

    BalasHapus