Jumat, 22 November 2013

Makanan Khas Babel


Setelah sebelumnya saya telah menceritakan sedikit tentang pesona tersembunyi pulau Bangka.
Kali ini secara khusus saya akan membahas seputar kuliner yang sangat terkenal dari pulau penghasil timah nomor satu di Indonesia ini.
Pulau Bangka Belitung merupakan salah satu pilihan tepat untuk berwisata kuliner. Berikut ini adalah beberapa makanan dan minuman yang sangat terkenal di Bangka Belitung.

 LEMPAH KUNING



Lempah kuning adalah masakan tradisional utama di pulau Bangka dan Belitung, masakan ini berbahan dasar ikan (umumnya ikan laut) dengan bumbu utama rempah-rempah  terutama kunyit. Kunyit tersebutlah yang menghasilkan warna kuning segar yang menggiurkan dari masakan ini. Biasanya masyarakat setempat memasak lempah kuning dengan irisan-irisan tipis nanas atau ketimun  yang sudah dipotong kotak-kotak.
Lempah kuning biasanya tidak dijual di restoran-restoran di Babel karena masakan ini merupakan masakan tradisional yang dimasak masyarakat hampir setiap harinya.
Rasa asam dari nanas serta kesegaran ikan laut terasa menyatu dalam lidah ketika memasuki mulut. Santapan ini sangat cocok disajikan bersama sepiring nasi hangat.
       LEMPAH DARAT

Satu lagi masakan tradisional Bangka yang sangat menggiurkan. Masakan ini bernama Lempah Darat. Disebut Lempah Darat karena seluruh bahan masakan merupakan sayuran yang tumbuh di daratan, seperti pepaya (yang masih keras namun warnanya sudah menguning), kacang panjang, ketimun, dan keladi. Lempah darat dimasak dengan menggunakan rempah-rempah, seperti cabe, bawang merah, lengkuas dan berbagai bumbu dapur lainnya. Namun bumbu utama yang membuat rasa lempah darat begitu istimewa adalah penggunaan Trasi Bangka. Lempah darat dimasak tanpa menggunakan minyak, oleh sebab itu sangat cocok bagi orang yang sedang melaksanakan program diet. 

    MIE BANGKA


Mie Bangka memang sangat terkenal, tidak hanya di daerah asalnya namun juga di berbagai daerah lain di Indonesia. Khusus di bangka, bumbu dasar pembuatan mie Bangka menggunakan daging Babi, oleh sebab itu di Bangka sendiri, Mie bangka lebih terkenal dikalangan etnis Tionghoa.
Biasanya terdapat kedai-kedai khusus yang menjual mie Bangka. Diderah asalnya. Mie Bangka lebih sering disebut  Jammian (mie goreng kering), suimian (mie kuah), jammihun (bihun goreng kering), dan suimihun (bihun kuah).

    SONG SUI


Songsui adalah masakan berkuah khas Bangka yang biasa di konsumsi etnis Tionghoa Bangka. Dimasak dengan menggunakan campuran daging babi, jeroan babi, hati babi dan sayur-sayuran seperti sawi putih dan sawi hijau.
Di Bangka Belitung, masyarakat sering berburu ke hutan dan kebun untuk membasmi hama babi. Babi yang didapatkan bisanya akan langsung dipotong atau dijual. Apabila dipotong, warga Tionghoa biasanya akan memasak songsui untuk dimakan secara bersama-sama.

    BABI PANGGANG


Babi panggang adalah penganan khas Bangka yang sangat terkenal. Babi akan dibakar dengan menggunakan bumbu-bumbu spesial yang sangat menggugah selera. Karena proses pemanggangan yang cukup sulit. Babi panggang bangka di hargai dengan harga yang cukup tinggi. Babi panggang dimakan dengan menggunakan saos theuciong (saus tauco).

       HOKLOPAN (MARTABAK BANGKA)

Hoklopan adalah martabak khas Bangka yang dibuat menggunakan adonan segar dengan toping yang beraneka ragam. Sangat sedap dimakan sewaktu panas dengan aroma yang begitu memanjakan hidung.

AIR JERUK KUNCI



Minuman segar penghilang dahaga. Dengan bahan dasar jeruk kunci yang asam ditambah taburan gula yang manis, kemudian disajikan menggunakan es batu. Minuman ini merupakan teman yang sangat cocok dinikmati di siang hari yang terik.


GETAS, KERICU DAN KEMPELANG BANGKA


                                         

Penganan ringan dengan bahan dasar makanan laut. Getas dibuat dengan ikan, kericu dibuat dengan menggunakan telur cumi sementara kempelang panggang dibuat dengan ikan namun tidak dimasak dengan cara digoreng tetapi dipanggang. 


 Berikut adalah makanan-makanan khas Babel yang sangat menggugah selera. masih terdapat beberapa makanan khas Babel lainnya yang akan saya kupas di postingan selanjutnya,

6 komentar:

  1. waduh dian, oleh oleh bisa kaliiii hahahaha ngileeerrrr

    mpek2 ikan bangka tuh luar biasa lezaaat ahaha

    BalasHapus
  2. beeeeeughhhhhhhhhhh

    MANTABS kali ini post..
    membuat ku jadi laper niih

    boleh kali di bawain
    hihihiii

    BalasHapus
  3. ficca: hahahaa, bener tuh ficc, kalo mpek-mpek itu dibangka ada 2 macem, satu dibuat dengan ikan dan sagu yang cukup banyak, dan yang satunya dibuat dengan ikan dan sagu yang sedikit, untuk mpek2 yang dibuat dengan jumlah sagu yang sedikit dipanggilnya engjan (bakso ikan) . rasaanyaaaa tidak perlu dipertanyakan lagi, hahaa

    maria: bikin laper ya mar? kapan-kapan gue masakin deh. wkwkwkw

    BalasHapus
  4. lempah kuning enak banget tuh....
    jadi pengen nyobain....
    warnanya menggugah selera banget cuyyy....
    *kapan ya bisa ke Bangka*

    BalasHapus
  5. kok mie Bangkanya beda sama mie Bangka yang ada di jakarta ya,,,
    kyknya yang dijakarta asal pake nama mie Bangka....
    pasti rasanya jauh lebih enak mie Bangka yang asli di Bangka.

    BalasHapus
  6. ketua: betul banget. Lempah kuning Bangka memang sajian yang sangat menggiurkan, apalagi jika anda adalah penggemar seafood. hehehe. ayo dong, sekali-sekali main ke Babel. Hanya membutuhkan waktu 55 menit perjalanan dari Jakarta dengan pesawat.

    kenapa Mie Bangka di Jakarta dan di Bangka berbeda, hal tersebut disebabkan oleh penggunaan bumbu dasar. kalau di Bangka bumbu dasarnya menggunakan daging babi. kalau di Jakarta biasanya digantikan dengan daging ayam. tapi meski begitu, mie Bangka yang benar-benar berasal dari Bangka memang memiliki rasa khas yang berbeda dengan mie-mie kebanyakan.

    BalasHapus