Selasa, 12 November 2013

Jurnalistik dan nilai berita


Salah satu jurusan paling mengasyikan sekaligus menantang dalam fakultas ilmu komunikasi adalah jurusan jurnalistik. dalam jurusan ini, mahasiswa akan dididik agar dapat menghasilkan tulisan-tulisan yang baik. namun sebelum menghasilkan sebuah tulisan, biasanya mahasiswa akan telebih dahulu diajarkan tehnik mencari berita.  Setelah mendapatkan teori, mahasiswa bersangkutan akan langsung mempraktekkan teori tersebut dengan terjun kelapangan untuk mencari objek-objek menarik yang memiliki nilai berita yang tinggi.

Nilai berita merupakan faktor penentu layak atau tidaknya sebuah peristiwa diberitakan, nilai berita tersebut terdiri dari 7 unsur pokok, yaitu:
1.      Impact (dampak)
dampak berita mengulas tentang hal-hal yang dapat terjadi akibat berita tersebut, seberapa besar berita tersebut akan berpengaruh bagi pembacanya atau bagi masyarakat luas dan seberapa penting arti suatu peristiwa tersebut bagi publik.
2.      Conflict (konflik)
konflik menerangkan masalah apa saja yang terkadung dalam sebuah peristiwa. Ada beberapa peristiwa atau kejadian yang selalu menarik bagi masyarakat.                          
Contoh:  peperangan, ketegangan, dsb.
3.      Prominence (ketenaran)
berkaitan dengan siapa yang terlibat dalam peristiwa tersebut.  apabila yang terlibat adalah orang yang dikenal publik secara luas maka berita tersebut akan semakin bernilai.
4.      Proximity (kedekatan)
bisa berupa kedekatan secara geografis maupun emosional. Kedekatan tersebut dapat memancing ketertarikan kita  untuk membaca dan mengetahui berita tersebut.
5.      Timeliness (waktu)
berhubungan dengan kapan peristiwa itu berlangsung, apakah tingkat aktualitas berita itu tinggi atau justru sebaliknya.
6.      Novelty (hal baru)
 apakah berita yang ditulis merupakan sesuatu yang baru pertama kai terjadi atau mungkin adalah suatu peristiwa yang sudah sering mendapat sorotan publik.
7.      Human interest
Peristiwa-peristiwa yang mengandung unsur kemanusiaan yang biasnaya banyak diminati masyarakat.
Berita yang baik biasanya mengandung beberapa nilai berita sekaligus namun tidak semua berita harus mengandung ketujuh unsur tersebut, salah satunya adalah berita feature, dalam berita feature biasanya penulis lebih menekankan pada unsur human interest. Artikel berjudul “sang fotografer yang tergerus teknologi”
merupakan salah satu contoh berita feature yang menekankan unsur human interest.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar