Rabu, 20 November 2013

L’argent n’a pas odeur (Vespasien 09;79)


Bahasa Perancis merupakan salah satu bahasa yang paling indah di dunia, bahasa ini sering dikatakan sebagai bahasa cinta yang sangat memukau. di Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Tarumanagara, mahasiswa dapat memilih untuk mendalami mata kuliah bahasa Perancis. Sebagai tugas akhir, saya mendapat tugas untuk membuat sebuah karangan dalam bahasa Perancis untuk kemudian dipresentasikan di kelas. Karangan tersebut dibuat berdasarkan tema yang telah ditentukan sebelumnya.


Berikut adalah karangan saya dalam bahasa Perancis (setelah 5 kali melakukan revisi dengan madam Cristine, :D hehehehe)




L’argent n’a pas odeur (Vespasien 09;79)


           
L’argent n’a pas odeur est une expression Française dont l’auteur est Vespasien. Vespasien est un empereur romain. Vespasien nait le 17 novembre 09 et il meurt en juin 23, 79. Quand il devient empereur romain Vespasian fait nombreux impôts.

L’impot sur l’urine est l’impot fait en recueillant l’urine des toilettes publiques. Les personnes paient un impot, en accord avec le nombre de personnes dans la maison. Plus tard, les personnes se moquent de Vespasien Titus est en colere et blâme Vespasien. mais, l’empereur prend l’argent de l’impôt il et lui met le nez dedans. Ensuite Vespasien dit que L’argent n’a pas odeur

Le sens de cette expression francaise est, les personnes ne se soucient pas d’où l’argent est venu, bon mauvais. Parce que, l’argent donne la possession bien que à partir de vol, jeux d'argent, prostitution, extorsion, impot et corruption. Parce que l’origine de l’argent n’est pas importante, les personnes ne reconnaîssente pas l’odeur de l’argent. Bien que de source bonne ou mauvaise, l’argent achète tout.

Les personnes recoivent volontiers l’argent sans savoir son origine. Surtout s’il y a - beaucoup d’argent. Par exemple un membre officiel de l’état fait la corruption. Il prend l’argent de la communauté, utilise l’argent pour satisfaire tous ses besoins. alors que, l’argent est l’argent de la corruption. Quand, l’argent est utilisé pour payer, les personnes recoivent l’argent sans savoir la source de l’argent. parce que, L’argent n’a pas d’odeur.

Le sens expression l’argent n’a pas odeur. Une expression pour maintenant encore utilise. Et fait les personnes que eu pouvoir. Les personnes pas attentif source l’argent. Que important pour les personnes est ils devenu eu l’argent. Fini, Merci madame et amis.



Berikut adalah arti dari ungkapan tersebut dalam Bahasa Indonesia

L’argent n’a pas odeur (Vespasien 09;79)

L’argent n’a pas odeur adalah sebuah ungkapan dari perancis yang dipopulerkan oleh vespasian, vespasian adalah kaisar romawi yang lahir pada 17 November 09 dan meninggal 23 Juni 79. Selama menjadi kaisar, vespasian selalu menciptakan berbagai jenis pajak, termasuk pajak urin, pajak urin di lakukan dengan cara mengumpulkan urin-urin di toilet umum untuk dijadikan pajak sesuai jumlah orang didalam rumah, kemudian, masyarakat mengejek pajak tersebut pada anak vespasian yang bernama titus, titus lalu menegur ayahnya, namun sang kaisar mengabil uang hasil pajak tersebut dan menaruh ke hidung nya, setelah melakukan itu, kaisar vespasian berkata bahwa uang tersebut tidak memiliki bau walaupun merupakan uang hasil pajak urin.
Maksud dari ungkapan cerita diatas adalah, seseorang yang tidak memperdulikan darimana datangnya uang, meskipun dari jalan yang baik atau dari jalan yang buruk, karena setelah uang tersebut berada di tangan nya, tidak akan ada yang mencari tahu darimana sumber uang tersebut, meski berasal dari perampokan, prostitusi, perjudian, pajak, pencurian atau bahkan korupsi. Karena darimana pun uang tersebut berasal, tidak akan ada yang bisa mencium baunya dan mempermasalahkan sumber uang tersebut, meski berasal dari sumber yang baik atau justru dari sumber yang buruk, uang tetap dapat membeli semuanya.
Contohnya: para pejabat negara yang dengan mudah melakukan korupsi dan mengambil uang yang bukan miliknya, meskipun tahu sumber uang tersebut berasal  dari jalan yang salah, mereka tetap melakukannya karena bagi mereka uang tersebut tidak memiliki bau, dan mereka tidak merasa bersalah, namun justru menggunakan uang tersebut untuk berbagai keperluan, dan ketika mereka membeli berbagai keperluan tersebut dan membayanya dengan uang hasil korupsi tersebut pada sebuah toko, tidak mungkin, toko itu menolak uang tersebut dan berkata “saya tidak menerima uang hasil korupsi”
            Itulah maksud dari ungkapan l’argent n’a pas d’odeur tersebut. ungkapan yang berasal dari kaisar romawi bernama vespasian ini pada kenyataan terus berlaku untuk banyak orang sampai sekarang, karena orang-orang yang menerima uang tidak akan mempermasalahkan darimana uang tersebut berasal, yang terpenting adalah uang tersebut sudah berada padanya.



1 komentar: