Senin, 18 November 2013

Komunikasi Lintas Budaya-Spanyol


Pengalaman yang tidak akan pernah saya lupakan di Fakultas Ilmu Komunikasi adalah pengalaman melakukan waawancara dengan perwakilan Kedutaan Besar Spanyol di Indonesia. Hal tersebut menjadi sesuatu yang sangat menyenangkan sekaligus membanggakan untuk saya pribadi.  terlebih, semenjak SMA (sekolah menengah atas) saya sudah sangat menyukai Negeri Matador ini, selain karena Spanyol merupakan negeri yang kaya akan budaya, negari ini juga sangat terkenal akan prestasinya dibidang sepakbola  terutama  untuk beberapa tahun terakhir.

Dalam mata kuliah Komunikasi Lintas Budaya, mahasiswa diberikan kebebasan untuk memilih negara mana yang akan dipresentasikan, dengan syarat  perwakilan kedutaan besar negara yang bersangkutan bersedia diwawancarai. Tentu saja kesempatan tersebut tidak kami sia-siakan. Memilih Spanyol sebagai negara yang akan kami presentasikan merupakan sebuah pilihan tepat terutama karena semua orang yang berada di kedutaan besar spanyol bersikap sangat baik dan terbuka dalam memberikan informasi.

Usaha pertama yang kami lakukan agar dapat diterima dan melakukan wawancara dengan perwakilan kedutaan besar Spanyol adalah dengan mengirimkan email berbahasa inggris kepada konsultan Spanyol dikedutaan. Setelah email tersebut dikirim, beberapa hari kemudian, kami mendatangi kedutaan besar Spanyol untuk menyerahkan surat berbahasa indonesia dari fakultas. Seminggu setelahnya email kami mendapat balasan, namun, kami baru bisa bertemu dengan salah satu tenaga pengembang kebudayaan Spanyol di salah satu universitas negeri di Jakarta. Barulah setelah pertemuan tersebut. kami mendapat email  undangan dari kedutaan besar Spanyol. Sesuai waktu yang telah ditetapkan, kamipun berkunjung ke kedutaan Spanyol.
                Sesampainya di kedutaan Spanyol, kami disambut oleh konsultan Spanyol bernama Rodrigo, ia yang membawa kami berkeliling di gedung kedutaan dan mendampingi kami melakukan wawancara dengan orang-orang spanyol  yang berada dalam kedutaan.
                Wawancara tersebut berlangsung sekitar 1-1,5 jam dan memberikan saya pengalaman yang tidak akan saya lupakan sampai kapanpun, melalui wawancara tersebut juga kami banyak mengetahui berbagai informasi menarik tentang Spanyol serta membuat saya pribadi semakin menyukai negara ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar