Sabtu, 23 November 2013

Keunikan Negeri Matador

Spanyol, memang sangat identik dengan pertunjukan Banteng VS manusianya. namun tahukah anda bahwa negeri yang terletak di daratan Eropa ini juga sangat terkenal karena hal-hal berikut:


SEPAKBOLA





Tak lengkap rasanya membicarakan Spanyol tanpa membicarakan sepakbolanya, negeri beribukota Madrid ini memang tengah menjadi kiblat sepakbola dunia setelah 3 kali berturut-turut berhasil memenangkan 3 kejuaraan bergengsi.  Setelah berhasil keluar sebagai pemenang di piala Eropa 2008, Spanyol kembali membuat banyak penikmat sepakbola tersentak setelah berhasil menjuarai piala dunia 2010 di Afrika Selatan. Tak sampai disitu, Spanyolpun masih tetap berjaya di tahun 2012 setelah kembali menjuarai Piala Eropa untuk kedua kalinya.

AMAZING....mungkin kata tersebut tak akan cukup untuk menggambarkan betapa kokoh dan hebatnya kekuatan sepakbola Spanyol saat ini. dari rentetan kemenangan tersebut mencuatlah sebuah fakta menarik, bahwa duel El-clasico yang terjadi antara FC Barcelona dan Real Madrid tidak berimbas pada permusuhan kala membela Spanyol di atas lapangan hijau.
FC Barcelona dan Real Madrid merupakan dua klub raksasa yang bermukim di Spanyol, dari kedua klub inilah sebagian besar pemain nasional Spanyol berasal. Namun tahukah anda bahwa dua klub ini memiliki hubungan yang tidak harmonis.
Hal tersebut terjadi bukan semata-mata sebagai akibat dari persaingan yang ditimbulkan si kulit bundar. Permusuhan tersebut telah mengakar sejak puluhan tahun silam. pertandingan antara FC Bercelona vs Real Madrid merupakan pertarungan yang mempertaruhkan gengsi dan harga diri, terutama bagi bangsa Catalan yang merupakan pendukung dari Barcelona.
Bagi bangsa Catalan, FC barcelona adalah simbol perlawanan mereka melawan Spanyol. Lewat sepakbola mereka ingin menyerukan segala harapan yang terus mereka perjuangkan selama puluhan tahun. Bahwa mereka merasa diperlakukan tidak adil dan berusaha untuk melepaskan diri dari Spanyol sehingga bisa membentuk negara sendiri.
Sementara Real Madrid yang bermarkas di kota Madrid merupakan musuh bebuyutan bagi FC barcelona, hal itu dikarenakan klub tersebut merupakan klub kesayangan dari Jenderal Franco. Jenderal Franco sendiri adalah seorang pemimpin diktator yang muncul setelah perang saudara di Spanyol berakhir. Sejak kemunculannya, jenderal Franco banyak membuat peraturan yang merugikan bangsa Catalan hingga berhasil menggoreskan luka yang cukup dalam bagi bangsa tersebut. Karena itulah pertarungan antara FC Barcelona VS Real Madrid disebut sebagai pertarungan yang mempertaruhkan gengsi dan harga diri.
Akan tetapi, permusuhan tersebut tak terlihat kala para punggawa Spanyol yang banyak berasal dari FC Barcelona dan Real Madrid bertanding. mereka saling membantu, berusaha melengkapi satu sama lain hingga berhasil menciptakan suatu kesatuan yang tidak terkalahkan.
apakah kekompakan tersebut akan terus berlanjut ketika Spanyol berlaga di ajang piala dunia Brasil 2014 mendatang? menarik untuk ditunggu. 



BAHASA

Bahasa Spanyol merupakan salah satu bahasa yang paling banyak digunakan di dunia. Bahasa ini menduduki peringkat keempat sebagai bahasa yang paling sering dipakai, setelah bahasa Mandarin di posisi pertama, bahasa Inggris di tempat kedua dan bahasa Hindi diurutan ketiga.
Selain digunakan di Spanyol, bahasa ini digunakan di lebih dari 20 negara di Amerika Selatan, seperti Meksiko, Venezuela, Chille, Uruguay, Argentina, dll. Dan menjadi bahasa utama kedua di Amerika Serikat.  
Hal tersebut terjadi karena besarnya kerajaan spanyol dimasa lampau yang berhasil menyebarkan imperium kekuasaan dalam menjajah bangsa lain. 


PARIWISATA

Hal lain yang sangat memukau dari Spanyol adalah dari bidang pariwisatanya. Negara ini berhasil menempati urutan kedua sebagai negara yang paling banyak dikunjungi turis setelah Perancis. Total wisatawan yang datang untuk berlibur ke Spanyol mencapai angka 50 Juta jiwa, itu berarti jumlah wisatawan lebih besar dibandingkan jumlah penduduk Spanyol yang hanya berjumlah 46 juta jiwa. Daerah-daerah yang paling banyak menarik wisatawan adalah Barcelona, kepulauan Canari, Madrid dan Valencia.




6 komentar:

  1. nice.. jadi pengen ke spanyol :)

    BalasHapus
  2. meli: negara yang paling pengen gw kunjungi...... SPAIN

    BalasHapus
  3. keren banget, jadi pengen kesanaa :))

    BalasHapus
  4. Spanyol emang keren abis pariwisatanya.....

    BalasHapus
  5. diana n tika: semoga suatu hari nanti kita bisa pergi ke Spanyol. Amin
    ketua: yaaaa, selain itu pariwisata Spanyol juga didukung oleh cuaca yang baik sepanjang tahun. ^^

    BalasHapus