Sabtu, 30 Mei 2015

2 Game ini Akan Membuat Kamu Rindu Masa Kecil

Kamu anak 90an? pasti tahu dong sama dua game legenda yang zaman dulu sempat booming dan bikin ketagihan, Di masa sekarang, game-game tersebut sudah tenggelam kaerena kalah pamor dengan game online yang memang banyak peminatnya. Tapi, walau bagaimanapun, dua game yang akan kita bicarakan ini pasti mendapat tempat istimewa di hati orang yang pernah memainkannya, penasaran apa aja dua game itu? ya udah, yuk, kita bahas aja ya!

  • Harvest Moon

Inilah Game pertama yang membuat gue ketagihan, sepanjang hari hanya memikirkan bagaimana caranya agar peran yang gue mainkan di Harvest Moon cepat kaya. cepat beristri dan memiliki anak, kerepotan mengurus kebun dan ternak yang harus disayang-sayang setiap harinya. Okay, jadi Harvest Moon ini adalah sebuah jenis permainan dimana pemain akan diberikan sebuah karakter utama, si pemain bebas menamakan apa saja terhadap karakter tersebut, Sang karakter utama kemudian akan diberikan tanggung jawab untuk mengurus kebun dan ternak, bersosialisasi dengan orang-orang di perdesaan, melakukan pendekatan dengan beberapa gadis, dimana salah satu dari gadis-gadis tersebut nantinya akan menjadi istri dari pemeran utama, merekapun akan memiliki anak dan harus mengurusnya hingga anak itu dewasa.

Harvest Moon Back to Nature - PS1

Harvest Moon a Wonderful Life - PS2

Harvest Moon sendiri memiliki banyak versi, Ada Harvest moon yang diperuntukkan untuk PS1 namun ada juga Harvest Moon yang diperuntukan untuk PS2, meski memiliki tujuan permainan yang hampir serupa, kedua jenis Harvest Moon tersebut tentu memiliki perbedaan. dan uniknya, di Harvest Moon PS2 juga terbagi dari beberapa versi, salah satunya adalah Harvest Moon a Wonderful life.



Pada intinya, permainan ini mencerminkan kehidupan kita sehari-hari, dan di Harvest Moon PS2, cerminan akan kehidupan sehari-hari itu semakin terasa. contohnya, jika ingin cepat kaya dan memiliki banyak uang, kita harus rajin, mulai dari berkebun, beternak, berdagang, hingga memancing, kita juga bisa menambang dan mencari barang-barang di alam yang dijual. 


jika ingin menikah dan memiliki anak, kita harus sering mendekati perempuan yang kita sukai, memberi barang-barang kesukaan mereka, menjawab apapun yang mereka tanyakan dengan jawaban yang bijaksana. dan jika kita ingin dekat dengan penduduk desa, kitapun harus mengakrabkan diri dengan mereka, sering berkunjung ke rumah mereka, memberi hadiah yang mereka sukai, dan sebagainya.
intinya, permainan ini seolah mengajarkan kepada kita bahwa semua hal tak bisa didapatkan secara instan, ada waktu yang harus dihabiskan dan usaha dan pengorbanan yang dilakukan (bisa juga secara instan dengan Gameshark, tapi ini curang kan -.-) di masa sekarang, banyak game online yang memakai konsep dasar Harvest Moon, seperti beternak dan berkebun, namun belum ada yang penampilannya bisa menandingi permainan yang satu ini.



  • Grand Theft Auto San Andreas (GTA)

GTA adalah permainan selanjutnya di PS2 yang membuat sang pemainnya merasa ketagihan, permainan ini juga bertumpu ada kehidupan seorang karakter utama, berbeda dengan Harvest Moon, dalam GTA, sang karakter sudah ditentukan, karakter itu dinamakan Carl Johnson atau biasa disapa CJ, Ketika menjadi CJ, kita bebas melakukan apapun yang kita mau, kita bisa menyetir di jalan raya, membeli baju di toko, memotong rambut di barber shop, hingga makan diberbagai restoran, namun, permainan ini tak seserhana kedengarannya, selama menjadi CJ, kita harus melakukan berbagai misi yang dapat menyeret kita dalam bahaya, membuat kita pingsan, sampai ditangap polisi. yupz, permainan ini lebih menekankan pada penyelesaian misi, maklum saja, inti dari permainan ini sebetulnya untuk membalaskan dendam CJ karena seluruh anggota keluarganya dibunuh. jadi, wajar saja jika selama permainan, kita akan dihadapkan pada hal-hal yang berbahaya dan menantang. 


Ada banyak misi yang ditawarkan dalam GTA, ketika kita berhasil menyelesaikan sebuah misi, kita akan diberikan misi baru yang lebih menantang, bertemu dengan orang-orang baru, hingga mendapatkan pacar. namun, hati-hatinya, jangan sampai melakukan kesalahan yang berbau kriminal, karena polisi akan siap mengejar kemanapun kamu berada. perbuatan kriminal ditandai dengan pemberian bintang, jika kejahatan yang kamu lakukan baru mencapai bintang satu, maka polisi tidak akan mengejar secara berlebihan, namun jika sudah mencapai level lima, jangan harap bisa mengakhiri permainan dalam keadaan baik-baik saja. (biasanya untuk mengindari polisi, gue menggunakan kode khusus, kita tak akan ditangkap walau melakukan tindakan kriminal seberat apapun, curang sih sebetulnya, hehehe)


okay, itulah dua permainan yang sempat membuat gue ketagihan dan selalu ingin memainkannya, jika dipikir-pikir, ada rasa kangen untuk kembali bermain, tapi apa daya, semua hal sudah tak mendukung, hahaha, (lebai) o,,iya,  sebetulnya permainan ini bisa dimainkan juga di laptop atau komputer, tapi tetap saja, sensasi yang dirasakan tidak akan sama seperti dulu. (Sepertinya permainan2 ini sudah berkembang di PS3 dan 4, hehehe)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar