Minggu, 21 September 2014

My Life - Kisah yang menguras air mata

Suka Komik? jangan ngaku pecinta komik kalau belum pernah membaca serial yang satu ini. Komik karangan Reiko Momochi ini merupakan komik yang akan sukses mengaduk-aduk perasaan. disajikan dengan alur cerita yang unik dan menarik, serta ditambah penggambaran karakter yang kuat. Komik My life yang terbit pada tahun 2011 ini bisa saja menjadi salah satu komik favorit anda. masih ragu? nih baca ulasannya




1. Karakter Utama

Karakter utama dalam komik ini adalah si kembar Nobara dan Kotori. Meski memiliki wajah yang serupa sebenarnya kakak beradik ini memiliki karakter yang sangat berbeda. Di awal kisah, digambarkan Nobara dan Kotori hidup bersama sang ayah dan ibu, Mereka merupakan keluarga yang harmonis, Ayah dan Ibu sangat menyayangi satu sama lain, mereka bahkan tidak canggung untuk besikap mesra di depan Nobara dan Kotori. Kotori yang berperan sebagai kakak sangat menyukai kemesraan yang ditunjukkan kedua orang tuannya, namun Nobara terlihat canggung dan kurang nyaman. disini terlihat Kotori memiliki karakter yang lebih dewasa, ia juga pintar dan manis dibandingkan Nobara yang masih kekanak-kanakan dan sedikit tomboy. 


2. Malapetaka mulai terjadi

kehidupan keluarga yang sempurna itu tiba-tiba saja harus berubah drastis ketika sebuah peristwa memilukan terjadi. Suatu hari keluarga ini berinisiatif untuk melalukan piknik di dekat sebuah sungai. sebagai orangtua, Ayah dan Ibu telah berkali-berkali memperingati Nobara dan Kotori untuk tidak bermain di dekat sungai. saudara kembar inipun mengiyakan permintaan ayah dan ibu, mereka lalu berjalan-jalan bersama. Didekat sungai, Nobara dan Kotori mulai bercakap-cakap, karena merasa haus, kotori kembali untuk mengambil minuman sementara Nobara tetap berada disana. karena kurang hati-hati sandal yang dipakai nobara jatuh kesungai. karena sungai tersebut dangkal, Nobarapun akhirnya memutuskan untuk mengambil sendiri sandalnya. tiba-tiba saja ia terpeleset dan tidak bisa bangun karena dasar sungai yang dipenuhi lumut menjadi licin. Kotori yang kembali terkejut melihat Nobara yang sudah terbawa arus ia lalu berteriak meminta pertolongan. Ayah yang panik lengsung terjun ke sungai untuk menyelatkan Nobara. namun ketika tubuh nobara tersangkut di batu, sang ayah justru terus terbawa arus. akhinya nobara berhasil selamat sementara ayahnya meniggal dunia.


3. Penderitaanpun dimulai

karena rasa cintanya yang begitu besar pada ayah. ibu sangat terpukul. rambutnya bahkan memutih dalam satu malam. karena tidak dapat menahan perasaannya, ibupun menyalakan Nobara sebagai penyebab kematian ayah. Nobara yang merasa bersalah akhirnya memutuskan untuk tinggal bersama nenek dan membiarkan ibu dan kotori hanya tinggal berdua.
meski terlihat senang, sebenarnya Nobara sangat terluka. karena rasa rindunya pada Ibu iapun rutin berganti peran dengan Kotori setiap minggu tanpa sepengetahuan ibu dan nenek. selama empat tahun, Nobara dan kotori saling berganti tempat.


4. Penderitaan yang sebenarnya

pertukaran peran antara nobara dan kotori harus terhenti selamanya ketika salah satu dari mereka meninggal dunia. saat itu, Nobara yang menyamar mnjadi Kotori tinggal bersama ibu, disana ia melihat ibu menjahit sebuah kimono. Ibupun menyuruh Nobara yang sedang menyamar untuk mencoba kimono tersebut. Ibu memberitahukan bahwa sebenarnya kimono itu ia jahit untuk Nobara, ia merindukan gadis itu dan ingin tinggal bersama-sama lagi dengannya. Nobara yang mendegar hal itu sangat senang. ia lalu menelepon kotori untuk memberitahukan rencana ibu, ia juga meminta kotori untuk menunggu leih lama di taman tempat mereka biasa bertukar peran. setelah agak lama, Nobara datang ke taman untuk kembali bertukar identitas, namun di taman tersebut ia tidak menemukan siapa-siapa. ia mencari Kotori ke berbagai tempat, karena tidak menemukan saudaranya, Nobarapun kembali ke rumah. ketika dirumah tiba-tiba saja nenek datang dengan beberapa petugas. mereka mengatakan bahwa mereka telah menemukan mayat yang diduga adalah Nobara (kotori-yang sedang menyamar menjadi nobara). semua yang mendengar hal tersebut sangat terkejut, terutama Nobara asli. ia ingin segera memberitahu bahwa ia adalah nobara namun ia tidak memiliki kekuatan, karena ia tahu hal tersebut akan sangat melukai ibu. setelah sipastikan, diketahuilah bahwa mayat tersebut benar-benar mayat kotori yang asli. disinilah nobara asli mengalami dilema yang begitu luar biasa. disatu sisi ia ingin orang tahu bahwa mayat tersebut adalah mayat kotori, bukan Nobara. namun disisi lain ia juga tidak bisa membongkarkan rahasia ini kepada ibu. apalagi ia tahu bahwa ibu sangat menyayangi kotori.


5. Keputusan Besar



Nobara mengambil keputusan besar. ditengah kebimbangannya ia memutuskan untuk tetap melanjutkan hidup sebagai Kotori. itu atinya ia harus melupakan semua hal yang berhubungan dengan diriya. ia harus mengorbankan masa depannya, ia juga harus meninggalkan cintanya,
rasa luka Nobara semakin bertambah besar ketika ia tahu bahwa kakaknya mninggal karena dibunuh. Ibu yang mengetahui hal tersebut kehilangan akal sehatnya, iapun mengalami gangguan jiwa. 
dengan berat hati. Nobara menjalani hari-harinya untuk menjadi Kotori. ia sangat sedih ketika teman-temannya datang dan berdoa untunya, ia menerima banyak pesan singkat yang mengharukan. namun meski sudah berusaha untuk menjalani peran sebagai Kotori, Nobara tidak bisa menipu pacarnya. Yuwwa tahu bahwa Nobara masih hidup. namun karena rasa cintanya ia akhirnya memutuskan untuk mendukung Nobara yang menjalani hidup sebagai Kotori.




6. Hukum yang Tak Adil

setelah beberapa waktu, pembunuh Kotori tertangkap. usai melewati waktu yang panjang, keputusan pengadilanpun keluar. namun hasilnya sungguh mngecewakan. pembunuh bernama gotouda itu dibebaskan karena diduga menggunakan narkoba pada saat membunuh, itu berarti ia kehilangan kesadaannya. Nobara asli tidak bisa menerima hal tersebut, ia berusaha melakukan segala cara untuk membuat Gotouda mendapatkan hukuman Mati, namun hasilnya sia-sia.


7. Babak Baru

Waktupun berlalu, Nobara yang dikenal sebagai Kotori mulai menjalani hidup secara normal, sedikit demi sedikit ia berusaha melupakan kejadian itu meski rasa bersalahnya tak pernah sedikitpun mereda. suatu hari ditengah keramaian, ia menemukan sebuah sim. sebuah kebetulan yang mencengangkan, ternyata SIM tersebut milik Gotouda, Nobarapun menganggap bahwa ini adalah kesempatan kedua baginya untuk memperjuangkan keadilan yang seharusnya diterima Kotori.
ia memutuskan untuk mendatangi alamat yang tertera pada SIM tersebut, namun sayang laki-laki yang membuka pintu ternyata bukanlah Manabu Gotouda.  Ia bahkan bertemu dengan teman lamanya, yaitu Himeno yang ternyata adalah pacar laki-laki tersebut.


8. Keanehan

Nobara mulai menemui banyak keanehan tentang Manabu Murase yang adalah pacar Himeno. suatu hari ia melihat Murase keluar dari klinik operasi pelastik. tetapi perawat disana memanggil murase dengan nama Gotouda. Dengan berbagai cara nobara berupaya membokar bahwa murase adalah Gotouda. suatu hari Murase mengaku bahwa ia adalah Gotouda. tetapi Himeno dan temannya meyakinkan bahwa semua itu Murase lakukan karena ia merasa besalah sebab pernah menabrak seseorang hingga meninggal. semua orang mempercayai cerita tersebut kecuali Nobara. namun ia tidak ingin memaksa murase lagi karena tidak ingin menyakiti himeno yang sedang mengandung.


9. Mulai Terbogkar

Tak berapa lama Himeno mengalami kecelakaan yang membuat ia harus dirawat dirumah sakit. kecelakaan itu terjadi karena murase kurang berhati-hati mengendarai sepeda motor. Yuwwa yang adalah pacar Nobara berniat menghibur Murase namun ia terkejut ketika melihat Murase justru terlihat senang. setelah itu Murase pun menghilang. Ayah Himeno mulai mengungkapkan kecurigaannya kepada Murase, apalagi kasus yang pernah diceritakan murase ternyata tak pernah ada di Internet. Nobarapun mengantar ayah Himeno untuk mengambil beberapa peralatan, namun di rumah Murase tersebut ia menemukan sesuatu. sebuah DVD bertanda silang. ia lalu mengambil kaset tersebut dan menontonnya dirumah. 


10. Kenyataan yang menyakitkan

Nobara sangat terkejut ketika melihat DVD tersebut ternyata berisi detik-detik kematian Kotori. yang lebih mengejutkan ternyata Gotouda membunuh dalam keadaan sadar tanpa ada pengaruh narkoba. Nobara lalu memutuskan untuk pergi menemui pengacaranya sambil membawa DVD tersebut. Namun sebelum ia sempat bertemu, Gotouda menelepon Nobara dan mengancam gadis itu. nobara harus menegmbalikan DVD tersebut jika tidak Gotouda akan menyakiti ibunya. Nobara yang panik akhirnya dengan berat hati mengembalikan DVD tersebut kepada teman Gotouda, namun beruntung ia sempat mencopy isinya berkat bantuan laptop seseorng di bis. Tak bisa terima dengan apa yang telah Gotouda lakukan akhinya Nobara memutuskan untuk mengambil jalannya sendiri. ia ingin megadili Gotouda apapun yang terjadi.


11. Perjuangan Nobara

Nobara pergi menuju rumah lama Gotouda, disana ia bertemu teman Gotouda, ia lalu memukul dan mengancamnya dengan pisau agar ia memberitahu dimana keberadaan gotouda. setelah mengetahu alamat tersebut, Nobara memberanikan diri untuk pergi menemui pembunuh kakaknya. ketika hendak menemui Gotouda, langkah Nobara dihentikan oleh Yuwwa, Yuwwa berjanji dan berupaya meyakinkan Nobara untuk menggantikan posisinya. awalnya Nobara setuju, namun ia akhirnya memukul Yuwwa sehingga membuat pacarnya itu pingsan. Nobara lalu melanjutkan rencananya untuk menemui Gotouda.
Gotouda terkejut ketika melihat nobara yang sedang berdiri dihadapannya. ia tak bisa berkutik karena Nobara mengancamnya dengan pisau. ia lalu menantang gadis itu untuk segera menghabisinya. Nobara menanyakan alasan kenapa ia tega menghabisi nyawa seseorang, dengan santai Gotouda menjawab bahwa hal tersebut ia lakukan akibat sakit hati karena pernah ditegur oleh Nobara di stasiun. Gotouda yang awalnya menanggapi dengan santai mulai menunjukkan ekspesi terkejut ketika Nobara memberitahu bahwa ia telah membunuh orang salah. yang ia bunuh adalah saudara kembarnya, sementara orang yang menegurnya di stasiun saat ini sedang berdiri dihadapannya. 
Nobara lalu melangkah dengan cepat menuju Gotouda dengan pisau ditangannya, tubuhnya ia hempaskan kearah gotouda, seketika darah segar keluar. namun yang terluka bukanlah Gotouda melainkan Nobara. Gadis itu sengaja menghujam pisau keperutnya sendiri. tubuhnya tergeletak dilantai. Gotouda ketakutan, namun ia tidak sempat melarikan diri karena polisi sudah berdatangan. ia berusaha menjelaskan bahwa ia tidak menikam Nobara, tapi tak ada sidik jari siapapun di pisau itu selain miliknya.


12. Berakhir Sudah

Nobara yang terluka parah dibawa ke rumah sakit. Yuwwa memberikan kesaksian bahwa Gotoudalah yang mencelakai Nobara. di masa komanya Nobara bertemu dengan mendiang Kotori. Kotori mengatakan bahwa semua telah berakhir, Nobara harus kembali, ia tidak bisa membiarkan Yuwwa menanggung semuanya sendirian.
Akhirnya Gotouda di adili. ia dituduh melakukan pmbunuhan, meski sudah berupaya menjelaskan tidak ada seorangpun yang mempercyainya, apalagi hasil visum membuktikan bahwa luka ditubuh Nobara sangat dalam dan hanya bisa dilakukan oleh laki-laki. tak hanya itu kasus Kotoripun kembali dibuka. akhirnya rahasia terbongkar bahwa yang selama ini meninggal adalah kotori bukan nobara. Gotoudapun dijatuhi hukuman 15 Tahun penjara. 


Nah,,, itu tuh jalan ceritanya. Komik ini memiliki alur cerita yang sangat kuat. pembaca diajak untuk dapat menghayati peran sebagai Nobara, yang selama bertahun-tahun menderita dalam rasa bersalah dan penyesalan. yang rela mengorbankan kehidupannya sendiri untuk membayar rasa bersalah itu. pecinta komik disarankan untuk membaca komik ini.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar