Selasa, 07 April 2015

The League Leaders

Ada yang unik dengan kompetisi di liga Eropa musim ini. Memasuki pertandingan-pertandingan di sisa musim, terlihat 3 klub yang sedang berada di puncak klasemen, yaitu Chelsea yang untuk sementara berada di urutan satu liga inggris, Bayern Munchen yang sangat nyaman di posisi puncak Liga Jerman, dan Barcelona yang untuk sementara masih memimpin di Liga Spanyol. menariknya, ketiga pelatih yang saat ini menaungi ke tiga tim tersebut dulunya pernah membela satu tim yang sama di masa lalu. penasaran siapa pelatih tersebut? dan klub apa yang pernah mereka bela? silahkan di check




  • FCBarcelona
Once Upon a Time

Ya, Barcelona adalah klub yang pernah di bela oleh ketiga pelatih yang saat ini berada di urutan pertama La Liga, EPL, dan Bundes Liga. di masa lalu Mourinho yang saat ini melatih Chelsea pernah menjadi asisten pelatih dari Louis Van Gaal yang pada saat itu menjadi pelatih utama Barcelona, sedangkan Pep Guardiola yang saat ini mengasuh Bayern Muenchen dan Luis Enrique yang saat ini melatih Barcelona adalah dua punggawa Azulgrana yang pernah mendapat ilmu dari Van Gaal maupun Mourinho.

  • Karir Kepelatihan
Mourinho

Guardiola

Enrique

  1. Maurinho di kenal sebagai salah satu pelatih paling kontroversial, ia juga senang membuat ulah, entah dengan wasit atau dengan sesama pelatih, namun tak bisa dipungkiri, Laki-laki berdarah Portugal ini adalah salah satu pelatih terbaik di Eropa. Sebelum memutuskan untuk kembali mengasuh Chelsea, Mourinho terlebih dahulu membesut tim asal ibu kota Spanyol, Real Madrid. namun setelah beberapa tahun bermarkas di Santiago Bernabeu, Maurinho akhirnya pulang ke Stamford Bridge. kali ini Maurinho tak datang sendirian, ia membawa beberapa pasukan khusus, seperti Cecs Fabregas dan Diego Costa, kedua pemain ini kemudian menjadi pemain yang menghantarkan Chelsea ke posisi puncak klasemen sementara, tapi, Mourinho juga membuat keputusan lain yang tak kalah kontroversial, salah satunya adalah keputusan untuk menjual David Luiz ke klub Perancis, Paris Saint Germain.
  2. Pep Guardiola bisa jadi salah satu pelatih tersukses saat ini, keberhasilannya membesut Barcelona ditahun 2008-2012 menjadikannya sebagai sosok yang tak bisa dipandang sebelah mata. namun sama seperti manusia lainnya, Guardiola tak bisa menyembunyikan rasa lelah yang rasakan selama menjadi pelatih Barca, ia pun akhirnya memutuskan untuk mengundurkan dari klub asal katalan itu dan beristirahat selama setahun. pada musim  2013/2014, Guardiola kembali ke dunia kepelatihan, dan Bayern Muenchen lah Klub beruntung yang berhasil mendatangkannya.
  3. Nama Luis Enrique memang tak sementereng nama Guardiola atau Mourinho. sebelum menandatangani kontrak bersama Barca, Enrique terlebih dahulu mengasuh Celta Vigo. tak bisa di pungkiri, usai di tinggal Guardiola, Barcelona kesulitan menemukan pelatih yang cocok, beberapa nama sempat mengisi kursi kepelatihan, namun masing-masing dari mereka hanya bertahan satu musim. Juli 2013 Tito Vilanova memutuskan mengundurkan diri sebagai pelatih Azulgrana karena sakit yang ia derita, meski begitu, sebelumnya ia sukses menghantarkan Barca meraih titel La Liga, di musim selanjutnya, Tata Martino di depak dari Camp Nou karena berbagai raihan buruk yang ditorehkan, di bawah asuhan pelatih asal Argentina itupun Barcelona harus rela kehilangan semua gelar. tak bisa di pungkiri, pendukung Barcelona memang menaruh harapan yang tinggi pada Enrique, meski sempat terseok, Enrique kini berusaha membuktikan kelasnya. saat ini ia berhasil membawa pasukan katalan berada di puncak Klasemen sementara, unggul 4 point dari rival abadi, Real Madrid.
  • The Power of Braugrana
Kompetisi memang belum usai, masih ada beberapa pertandingan yang harus di jalani, bukan hal yang tak mungkin juga jika  Chelsea, Bayern Munich, atau Barcelona akan tergelincir dari puncak klasemen. namun hasil sementara ini bisa menjadi tolak ukur bagaimana dominannya pelatih-pelatih yang pernah membela Blaugrana. 

Well, meski waktu telah berlalu, dan banyak perubahan telah terjadi, namun nama Maurinho dan Guardiola tetap telah terpartri dalam sejarah klub Katalan. bersama Enrique, mereka bahkan merajai liga domestik di masing-masing negara. sekarang tinggal menunggu hasil akhir, apakah mereka akan terus konsisten membawa tim nya di jalur kemenangan, atau justru sebaliknya. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar