Selasa, 21 April 2015

Hyde, Jekyll me OR Kill me Heal me

let's talking about Korean drama, dua drama ini sebetulnya udah selesai masa penayangannya, gue bahkan udah mereview salah satu dari mereka (Kill me, Heal Me). Tadinya nggak ada rencana buat nonton Hyde, Jekyll me, tapi untuk mengisi waktu di sela-sela menunggu Angry Mom yang cuma keluar 2 kali dalam seminggu. gue pun akhirnya memutuskan untuk menonton serial Hyde, Jekyll me tersebut. dan berhubung latar belakang ceritanya sama-sama mengangkat masalah DID (kepribadian ganda), gue ingin sedikit membandingkan bagaimana pengemasan dua drama ini, sebetulnya bukan untuk mencari mana yang lebih baik atau mana yang lebih patut untuk ditonton, karena gue yakin setiap drama punya sisi menariknya masing-masing, tulisan ini lebih untuk memberikan referensi kepada teman-teman. okay,, tunggu apa lagi, mari bahas..



  • Persamaan
  1. DID
Seperti yang udah gue singgung di atas, persamaan paling mencolok dari drama ini adalah latar belakang masalah yang mengangkat masalah DID, DID sendiri adalah kepanjangan dari Dissociative Identity Disorder. dimana satu orang memiliki satu kepribadian atau lebih. DID ini juga sering disebut sebagai penyakit mental. biasanya para pengidapnya tidak akan ingat apa yang telah dilakukan oleh kepribadian lain dalam tubuh mereka. ada banyak penyebab DID, mulai dari trauma masa lalu, depresi, ataupun hal-hal lain yang berkaitan dengan mental penderita.

    2.   Penyebab DID

Selain sama-sama mengangkat masalah DID. Kedua drama ini juga memiliki persamaan lain di bidang apa hal yang membuat masalah DID itu muncul. dalam drama Kill Me Heal Me, Cha Do Hyun mengalami DID karena trauma dengan masa kecilnya, perlakuan yang buruk dari sang ayah terhadap seorang gadis kecil membuat Do Hyun akhirnya menciptakan berbagai kepribadian lain dalam dirinya. Do Hyun mengalami sebuah konflik dengan dirinya sendiri, di satu sisi, ia ingin menyelamatkan gadis kecil tersebut, namun disisi lain sebagai seorang anak yang baru berusia 7 tahun, ia tak mampu melakukannya. maka satu-satunya jalan adalah dengan membiarkan kepribadian lain muncul untuk melakukan sesuatu yang dapat menyelamatkan teman kecilnya itu. 
sedangkan di drama Hyde, Jekyll me, penderita DID adalah Goo Seo Jin, penyebab penyakit mental itu muncul adalah trauma masa kecil yang ia alami. di masa lalu, Seo Jin pernah di culik, ia diculik bersama seorang teman laki-laki bersama Lee Soo Hyeon, penculik meminta tebusan kepada ayah Seo Jin yang adalah pemilik dari Wonder Land, namun di luar dugaan, ayah Seo Jin tak bersedia membayar satu sen pun untuk menyelamatkan anaknya. ada luka di hati Seo Jin, namun yang membuatnya lebih terluka adalah ketika ia mnegetahui bahwa penculikan tersebut adalah sebuah kejadian yang memang sudah direncanakan oleh ayah Soo Hyeon, yang adalah temannya sendiri. kedua bocah itu lalu berusaha melarikan diri, namun hanya Seo Jin seorang yang berhasil kabur sebelum penculik kembali. setelah kabur, Seo Jin dihantui rasa bersalah, ia tak ingin percaya pada siapapun, setiap hari ia datang ke jembatan malaikat untuk terjun ke sungai, namun ia sama sekali tak berani untuk melakukannya. suatu hari, rasa depresi yang memuncak membuat Seo Jin memberanikan diri untuk terjun ke sungai, namun ia diselamatkan seorang gadis bernama Jang Ha Na, setelah diselamatkan, dan melihat gadis itu hampir jatuh, Seo Jin menciptakan kepribadian baru dalam dirinya. kepribadian yang membuat ia berani untuk menyelamatkan gadis yang tadi menolongnya.


   3.   Lingkungan Sekitar

Dalam dua drama ini, baik Do Hyun maupun Seo Jin sama-sama ditempatkan pada posisi yang sama, keduanya adalah penerus dari perusahaan besar. mereka punya saingan yang selalu berusaha menjatuhkan mereka. mereka juga punya keluarga yang selalu berusaha mengasingkan mereka. nenek Do Hyun sama sekali tak menyukai cucunya, ia bahkan menyalahkan Do Hyun atas berbagai masalah yang menimpa keluarga mereka, sedangkan ayah Seo Jin sama sekali tak mempercayai anaknya, ia ingin mengasingkan Seo Jin, dan memaksanya menjalani pengobatan di luar negeri. kehidupan dua pemeran utama ini mulai berubah saat mereka bertemu dengan seorang gadis yang ternyata telah mereka kenal sejak mereka kecil. Do Hyun bertemu dengang Oh Ri Jin yang adalah seorang dokter penyakit jiwa, sedangkan Seo Jin bertemu dengan Jang Ha Na yang adalah anggota sirkus dari Wonder Land. baik Seo Jin maupun Do Hyun juga memiliki seorang asisten pribadi yang sangat setia.


  •   Perbedaaan
  1. Jumlah dan Karakter Kepribadian
Perbedaan yang paling terasa adalah jumlah kepribadian yang dimiliki oleh Do Hyun dan Seo Jin. Do Hyun memiliki 7 kepribadian sekaligus, yang terdiri dari Shin Se Gi, Perry Park, Ahn Yonna, Ahn Yoseob, Nana, dan Mister X. Sedangkan Seo Jin hanya punya 3 Kepribadian, yaitu Robin dan Perry, Perry pun jarang sekali muncul. ia hanya sesekali tampil dalam durasi yang sangat sebentar. 
Do Hyun jelas lebih unggul dalam urusan jumlah, ia harus menangani 6 kepribadian lain yang setiap saat bisa saja mengambil alih kesadarannya ketika kondisinya melemah, belum lagi 6 kepribadian yang lain terlihat sangat unik dengan perbedaan umur yang begitu mencolok. kadang ia harus menjadi Perry Park yang sudha berusia 40 tahun, kadang ia harus menjelma menjadi Nana yang baru berusia 7 tahun, belum lagi jika kepribadian Ahn Yonna yang centil dan energik muncul. berbeda dengan Do Hyun, Seo Jin, sebetulnya tidak terlalu dipusingkan dengan masalah tersebut, ia hanya punya kepribadian Robin, seorang laki-laki yang seumuran dengannya, suka menolong, gemar tersenyum, ramah, hangat dan pandai menggambar.

Kill Me Heal Me

Hyde, Jekyll me



    2. Cara berkomunikasi

Do Hyun kesulitan dalam berkomunikasi dengan kepribadian yang lain, disatu sisi, Shin Se Gi sebagai kepribadian yang paling kuat kadang bisa saja langsung muncul, menampakkan dirinya di cermin dan mengancam Do Hyun, ia juga bisa langsung merebut kesadaran Do Hyun tanpa berkompromi sebelumnya. sedangkan Seo Jin punya media untuk berkomunikasi dengan Robin, mereka memiliki perjanjian, dan masing-masing kepribadian harus menghormati perjanjian itu, mereka rutin membagi waktu mereka selama 12 jam dalam sehari. Robin punya kehidupan dan pekerjaan, begitupula dengan Seo Jin, mereka berupaya untuk tidak mencampuri urusan masing-masing.

   3.  Alur Cerita dan pemeran utama

Jika diperhatikan, dua drama memiliki alur yang berbeda, Kill Me, Heal Me memiliki alur yang cepat, drama ini membuat penonton pansaran di awal-awal episode, sedangkan Hyde, Jekyll me memiliki alur yang lambat di episode awal. namun seiring berjalannya waktu, Kill Me, Heal Me berjalan lebih santai, dan Hyde, Jekyll me berjalan lebih cepat. perbedaan lain juga terletak pada sosok pemeran utama yang dapat dideskripsikan sebagai berikut:

  • Kill Me, Heal Me
Cha Do Hyun

Shin She Gi

  1. Cha Do Hyun : Santai, pengalah, baik, sopan, bertanggungjawab.
  2. Shin She Gi    : Kasar, keren, suka berkelahi, emosian, tapi sebetulnya hangat dan setia
  3. Oh Ri Jin        : Ceria, suka berteriak, bersemangat, baik.
  • Hyde, Jekyll me
Seo Jin

Robin

  1. Goo Seo Jin   : Dingin, kasar, tak berperikemanusiaan, egois, jarang tersenyum
  2. Robin             : Hangat, suka menolong, baik, perhatian, selalu tersenyum
  3. Jang Ha Na    : Lebih santai, sedikit emosian, baik
namun, karakter-karakter diatas mengalami perubahan seiring berlalunya beberapa episode. Do Hyun yang tadinya lemah mulai menemukan keberanian dalam dirinya, sedangkan Seo Jin yang tadinya kaku dan dingin mulai berubah menjadi hangat dan memperdulikan orang lain.

    4. Humor, romantisme dan Cinta

Do Hyun dan Ri Jin

Ha Na dan Robin

Jika teman-teman lebih suka drama yang mengandung unsur humor, disarankan untuk menonton Kill Me, Heal Me, dalam drama ini, penonton akan disugugkan berbagai adegan lucu yang siap mnegocok perut, namun jika teman-teman lebih suka adegan romantis, silahkan menonton Hyde, Jekyll me, ada beberapa adegan yang menampilkan keromantisan pemeran utama, beberapa adegan akhir bahkan terkesan sedih, terutama saat Robin menghilang. beralih ke masalah cinta, dalam drama Kill Me, Heal Me, Oh Ri Jin memang merasa sedih ketika kepribadian-kepribadian dalam tubuh Do Hyun hilang, namun ia bisa menerima karena orang yang sebenarnya ia cintai memang adalah Do Hyun, namun, beda halnya dengan Oh Ri Jin, dalam drama Hyde, Jekyll me, Jang Ha Na sangat terpukul ketika ia mengetahui Robin menghilang, karena orang yang ia cintai sebetulnya adalah Robin, ia menganggap Robin dan Seo Jin sebagai dua orang yang berbeda, sehingga ia tak bisa merelakan kepergian Robin, namun, jangan kuatir, meski tak menyadarinya, sebetulnya Ha Na juga mencintai Seo Jin, dan ia akan menerima Seo Jin nantinya, apalagi ketika ia tahu bahwa Robin masih ada dan hidup dalam diri Seo Jin.


   5. Akhir Cerita

Di akhir cerita Kill Me Heal Me, semua kepribadian dalam tubuh Do Hyun menghilang, mereka pergi tanpa menyisakan apapun, yang mereka berikan hanyalah kenangan yang menjadi alasan kenapa mereka bisa muncul dan menjadi kepribadian dalam tubuh Do Hyun. di drama  Hyde, Jekyll me pun semua kepribadian dalam tubuh Seo Jin pergi, namun kepergian Robin menyisakan sesuatu untuk Seo Jin, Robin memberikannya kenangan yang selama ini ia lewati bersama Jang Ha Na, Robin Juga meninggalkan kemampuan-kemampuan yang ia miliki dalam tubuh Seo Jin, termasuk ketrampilannya dalam menggambar dan menyetir.



Oke, Guys, Reviewnya segitu aja ya, hehehe, jadi, kalian lebih suka yang mana? ada yang bilang sih sama gue kalau drama Kill Me Heal Me lebih bagus, tapi saran gue, coba tonton dua-duanya deh, emang sih, di awalnya gue sempet bosen menonton tayangan Hyde, Jekyll me yang terkesan santai dan datar, tapi di episode-episode selanjutnya gue malah nggak bisa berenti menonton. so, seperti yang udah gue bilang, setiap drama punya kelebihan dan kekurangannya. dan mereka punya sisi menarik masing-masing untuk di saksikan....iya kan?


1 komentar:

  1. Drakor Hyde, Jekyll, Me Sub Indo ceritanya mirip dengan Me Heal Me sub indo, yaitu tentang seorang cowok yang menderita D.I.D (Dissociative Identity Disorder) yang bahasa kerennya gangguan kepribadian atau kepribadian ganda. Penderitanya adalah Goo Seo Jin, putra tunggal Wonder Group, sekaligus direktur taman bermain Wonderland. Goo Seo Jin ini punya dua kepribadian. Saat ia menjadi Seo Jin, ia adalah seorang yang sangat serius, tidak mau menolong orang lain, dingin, tidak ada toleransi, susah bergaul, tak pernah senyum/tertawa, dan tidak bisa menyetir mobil. Kepribadian satunya lagi bernama Robin. Kebalikan dari Seo Jin, Robin adalah kepribadian yang ramah, murah senyum, suka tertawa, berseni karena ia suka menggambar, suka menolong, baik hati, tidak sombong, gemar menabung, dan bisa menyetir mobil.

    BalasHapus