Rabu, 08 April 2015

Istimewanya makanan Ber-Saus Kacang

Okay, kali ini yang akan kita bahas adalah kuliner dalam negeri. apa itu? yupz,,sesuai dengan judul artikel ini, yang akan kita bicarakan adalah beberapa makanan yang berhubungan dengan saus kacang. sebagai orang Indonesia, kita tentu sudah sangat familiar dengan beberapa jenis makanan yang menggunakan saus kacang, selain karena kelezatannya, makanan-makanan ini juga sangat mudah di temui, bukan hanya itu, makanan bersaus kacang ini juga bisa di nikmati dengan harga yang terjangkau. nggak percaya? nih cek sendiri..




  • Sate

Siapa sih yang nggak pernah makan makanan yang satu ini? Sate memang menjadi salah satu primadona makanan di Indonesia, rasa yang lezat ditambah beranekamacamnya jenis sate, membuat ia sangat disukai oleh masyarakat. sate pun terbilang mudah di temui, selain di jual khusus di restoran, Sate juga di jual di kaki lima ataupun gerobak keliling. harganya bervariasi. namun masih sangat terjangkau bagi masyarakat. Sate di makan dengan menggunakan saus Kacang. namun ada juga sate yang menggunakan saus kecap. kelezatan dari makanan yang satu ini benar-benar terasa saat bau khas daging yang di bakar menyatu dengan saus kacang dan meleleh di lidah (tak bisa dijelaskan dengan kata-kata).

  • Ketoprak


Mau makanan enak dengan porsi banyak namun tak menguras dompet? well, Ketoprak lah jawabannya. jadi Ketoprak ini adalah salah satu jenis makanan yang menggunakan saus kacang. ia biasa di jual di gerobak dorong. isi ketoprak bermacam-macam, mulai dari tahu, lontong, bihun, toge, sampai kerupuk. karena banyaknya isi dari ketoprak ini, biasanya porsi ketoprak lumayan besar. harga ketoprak juga terbilang murah dan sangat bersahabat. (terutama menjelang akhir bulan)

  • Gado-gado - Pecel
Pecel

Gado-gado

Gado-gado dan pecel adalah dua makanan khas indonesia yang juga menggunakan saus kacang, kedua makanan ini juga menggunakan bahan yang sama, yaitu aneka jenis sayuran yang telah di rebus sebelumnya. Pecel biasanya disajikan di atas daun pisang, penikmatnya biasa menyantap makanan yang satu ini dengan nasi hangat, sedangkan Gado-gado lebih sering disajikan dengan menggunakan lontong (sebetulnya saya juga nggak gitu paham perbedaan mendasarnya itu apa -.- yang jelas dua makanan ini sangat enak, hehehe)

  • Siomay


Sayuran udah, daging-dagingan juga udah. terus apa lagi dong? eitssss, jangan salah, selain aneka makanan diatas, kita juga punya makanan lain yang menggunakan saus kacang. dan nama makanannya adalah Siomay. jadi, Siomay adalah makanan berbahan dasar ikan dan tepung yang dikukus kemudian ditambahkan kentang dan telur rebus sebagai pelengkap, Siomay sebetulnya tidak hanya dibuat menggunakan ikan, ada juga siomay yang dibuat dengan menggunakan ayam, udang atau kepiting (tergantung selera). 


Okay, jadi itulah beberapa makanan Indonesia yang menggunakan saus kacang, sebetulnya masih ada beberapa makanan lagi, seperti Cilok, Batagor, ataupun Tahu Gimbal. Intinya, walaupun saus kacang terdengar sederhana, namun makanan-makanan yang menggunakan saus ini terkenal kelezatannya dan telah mendapat tempat istimewa di hati orang Indonesia. menurut teman-teman bagaimana?

1 komentar: