Selasa, 16 Desember 2014

Tips Menulis Skripsi

Guys, kali ini gw mau share sama sedikit bagi-bagi tips dalam menulis skripsi, belajar dari pengalaman kemarin, ternyata skripsi itu tidak sesederhana namanya, supaya dapat menghasilkan skripsi yang diinginkan, seorang peneliti membutuhkan waktu yang cukup lama, mulai dari menentukan hal apa yang akan diteliti, dari mana mendapatkan bahannya, sampai bagaimana proses pengerjaannya, belum lagi masalah siapa dosen pembimbing yang akan kita dapatkan. oke, check it out deh....^^




1. Usahakan untuk meneliti apa yang kamu suka





untuk melakukan sesuatu, kadang kala faktor yang paling menentukan adalah faktor keinginan, nah untuk memancing keinginan tersebut agar dapat timbul adalah dengan meneliti apa yang kita sukai. sebagai anak Komunikasi, gw menyukai media, karena itu skripsi gw fokus ke media, khususnya media penyiaran. ada juga temen gw yang suka sama dunia fashion, akhirnya skripsinya membahas tentang bidang fashion. singkat kata. ini masalah niat dan keinginan, dan biasanya ketika kita membahas sesuatu yang kita suka, niat kita akan menggebu-gebu. jangan memaksakan diri untuk meneliti sesuatu yang menurut kamu nggak menarik cuma lantaran ikut temen. (jangan pernah!), ini skripsi kamu, tulis dan bahas apa yang kamu suka, gali sedalam-dalamnya informasi yang dapat memperkaya pengetahuan kamu.


2. Persiapkan Bahan dengan baik




ini salah satu problem besar yang menimpa gw dan temen-temen gw. kadang kala, kita udah tau mau bahas apa, kita udah yakin bahwa sesuatu yang bakal kita bahas itu bakal berbeda dari skripsi-skripsi yang pernah ada, tapi, Please, sebelum kamu memutuskan untuk meneliti sesuatu, pastikan kamu punya bahan, atau setidaknya akses untuk mendapatkan bahan itu. misalnya, kamu menutuskan untuk meneliti sebuah kasus dengan menggunakan analisis Framing, pastikan untuk mengumpulkan bahan minimal 1 bulan sebelumnya. atau ketika untuk mendapatkan bahan kamu harus menghubungi institusi atau lembaga tertentu, pastikan kamu sudah membuat surat dari fakultas dan siap untuk meminta data kepada institusi berkaitan, hal ini harus cepat dilakukan mengingat kadang institusi yang bersangkutan membutuhkan waktu dan tahapan yang cukup lama untuk memproses permintaan kita.

3. Sering-sering main ke Perpustakaan



mungkin, perpustakaan terdengar tidak semenarik Mall, tapi percayalah,. perpustakaan merupakan salah satu tempat terbaik bagi kamu untuk sesegera mungkin menyelesaikan skripsi tersebut, cari buku-buku yang bisa menunjang penelitian kamu, minimal, bacalah dua buku yang dapat menjadi patokan bagi kamu untuk menyelesaikan skripsi itu. jika buku yang kamu inginkan tidak ada di perpustakaan, jangan kuatir, mintalah rekomendasi dosen pembimbing, karena biasanya dosen pembimbing memiliki referensi buku yang sangat banyak.

4. Jangan malas bimbingan


jangan malas dan jangan malu untuk bertukar pikiran dengan dosen pembimbing kamu, biasanya kita akan menemui banyak kesulitan  di bab 4, karena bab tersebut merupakan bab inti dari skripsi kamu, kalau kamu merasa kesulitan jangan  malu untuk menghubungi dosen pembimbing, buat janji dengan sopan dan datang tepat waktu sesuai waktu yang sudah ditentukan, gunakan bahasa yang sopan. setelah  berkonsultasi, dosen pembimbing akan menjelaskan dimana letak kesalahan kamu, dan beliau akan mengarahkan kamu kembali kejalan yang benar (hahahahha).

5. Amankan data dengan baik




hal yang paling ditakutkan peneliti adalah hilangnya data-data secara tiba-tiba karena kerusakan laptop atau komputer, untuk menghindari hal ini, simpan lah data skripsi di tempat-tempat lain, (Flasdisk, Hardisk, kirim ke Email, simpan di Laptop teman, saudara, pacar, etc). jangan  lupa untuk menyimpan data yang udah kamu ketik secara berkala, (ini pernah kejadian, gw udah ngetik 5 halaman, dan lupa di save, alhasil hilang...sakitnya tuh disini).

6. Buat Jadwal dan Deadline sendiri




biasanya pihak kampus akan menentukan jadwal terakhir pengumpulan skripsi, namun, untuk tetap memacu semangat, kamu dapat membuat deadline sendiri, misalnya 1 minggu sebelum waktu yang ditentukan pihak kampus. kerjakan secara berkala dan terstruktur, atur waktu dimana kamu merasa paling nyaman untuk melanjutkan pengerjaannya, tolak ajakan-ajakan yang berbenturan dengan jadwal yang sudah kamu buat. (godaannya banyak, temen-temen sering ngajak kamu pergi main, belanja, dan sebagainya, ini tergantung kamu mau mengutamakan yang mana)

7. sesekali Refresing lah




meski fokus dan memiliki semangat yang membara, kamu juga harus melakukan refresing untuk mengistirahatkan otak dan tubuh kamu, karena sesuatu yang digunakan secara berlebihan tidak akan menghasilkan sesuatu yang maksimal. kumpul bersama teman, makan makanan kesukaan, berbelanja, tidur yang cukup, ngeblog, ataupun jalan-jalan dapat menjadi pilihan. jika otak dan tubuh sudah kembali segar kamu dapat melanjutkan kembali kegiatan menulis skripsi.


oke, Friends, ini beberapa tips yang dapat gw berikan, semoga bermanfaat ya, terimakasih untuk dukungannya, sekarang gw udah memasuki tahap akhir dan sedang menunggu waktu sidang, doakan lagi supaya lancar ya......


Tidak ada komentar:

Posting Komentar