Jumat, 01 Januari 2016

Reply 88-Review

Horeee, gue kembali, setelah sekian lama menghilang...sebetulnya gue udah kangen banget buat nulis dari kemaren-kemaren, tapi tiap kali nulis tiba-tiba males, dan alhasil tulisan yang udah setengah jadi itupun cuma tersimpan sebagai draft.,
okay, cerita punya cerita, kali ini gue mau berbagi review tentang salah satu drama Korea yang lagi Booming, Yupz apalagi kalau bukan reply 88. kalo kalian tanya kenapa gue tertarik nonton drama yang satu ini, alasannya cuma satu, yaitu karena gue fans berat reply 97 dan reply 94. jadi, sebelum nonton reply 88, gue nggak lihat-lihat lagi siapa pemeran utamanya, atau gimana sinopsis ceritanya, pokoknya,,,yang penting nonton. dan Well, setelah berjalan 16 episode, gue berani jamin, reply kali ini ga kalah bagusnya dari reply 97 dan 94. jadi, biar kalian nggak penasaran, mari baca review subjektif gue dibawah ini....hehe







  • Kenalan dulu yuk,....                                                                                                 Seperti biasa, mari kita berkenalan dengan para pemeran utama kita tercinta, tapi sedikit berbeda dari yang sudah-sudah, kali ini kita nggak hanya kenalan sama satu-dua orang tapi sama semua yang terlibat dalam drama ini, selanjutnya mereka akan terbagi menjadi 5 keluarga, siapa aja sih mereka?
  1. Keluarga Sung
Keluarga Sung, adalah keluarga utama dalam reply 88. keluarga ini terdiri atas lima keluarga inti, yaitu:
  • Sung Dong Il as Sung Dong Il 

          Sung Dong Il adalah kepala keluarga dari Sung's Family, ia bekerja disalah satu bank di Korea, meski kadang terkesan kasar (ngomongnya selalu teriak-teriak) sebenarnya ia adalah tipe suami dan ayah yang sayang keluarga. ia juga sering membeli barang-barang tidak berguna untuk dibawa pulang kerumah dengan alasan iba kepada orang yang menjual barang tersebut, alhasil, sering terjadi perang dunia antara ia dan istrinya. 

  • Lee Il Hwa as Lee Il Hwa

         Sama seperti dalam drama reply 97 dan 94, kali ini lee il hwa masih berperan sebagai istri sung dong il, karakter ini memiliki sifat yang lembut dan ramah, meski begitu Lee Il Hwa juga mudah menampakkan apa yang ia rasakan, ia sering menangis, atau marah pada sesuatu yang membuatnya kesal. 

  • Hyeri Girls Day as Sung Deok Sun


         Hyeri adalah main actress dalam drama reply 88 ini, ia merupakan siswi di sekolah Sangmun Girls High School dan anak kedua dalam keluarga Sung. Sung Deok Seon digambarkan memiliki sifat yang periang, senang bercanda, serinng bertingkah konyol, setia kawan, peduli pada orang lain, dan baik. namun kadangkala ia juga suka bersifat sewenang-wenang, seperti menindas adiknya. satu-satunya orang yang paling ditakuti oleh deok sun adalah Sung Bo-ra, Kakak perempuannya.

  • Ryu Hye Young as Sung Bo Ra

        Dan inilah tokoh yang paling ditakuti oleh Deok Sun. hal itu dapat dimaklumi mengingat Bora memiliki karakter yang sangat jauh berbeda dari Deok Sun, Digambarkan Bora memiliki tempramen yang buruk, suka berteriak, sering ikut tawuran, ia juga tak segan-segan menarik rambut deok sun jika adiknya itu melakukan sesuatu yang tidak ia suka, namun sebetulnya, meski tak pandai mengekspresikan apa yang ia rasakan, bora memiliki sisi baik, ia juga sebenarnya adalah pribadi yang hangat. berbeda dari Deok Sun yang tak pandai dalam pelajaran, Bora adalah salah satu mahasiswi di universitas Korea.

  • Choi Sung Won as Sung No Eul

No Eul adalah anak bungsu dan satu-satunya anak laki-laki dalam keluarga Sung. ia baru berusia 17 tahun, namun wajahnya terlihat jauh lebih tua. heheehe, No Eul sering menjadi sasaran kemarahan kakak-kakaknya, dalam keluarga ini, ia adalah pihak yang paling tertindas. sikapnya yang polos serta apadanya membuat karater ini terlihat lucu.



      2.  Keluarga Kim

Keluarga Kim terdiri dari 4 Orang, mereka adalah:
  • Kim Sung Kyun As Kim Sung Kyun

Kim Sung Kyun adalah kepala keluarga dalam Kim's Family, ia memiliki dua anak laki-laki, sebelumnya Sung Kyun juga terlibat dalam drama reply 1994. berbeda dari drama sebelumnya, kali ini Sung Kyun memiliki karakter yang konyol, ia sering bertingkah aneh untuk membuat orang lain tertawa, intinya ia adalah salah satu tokoh yang memiliki selera humor yang tinggi.

  • Ra Mi Ran as Ra Mi Ran

Ra Mi Ran adalah istri dari Sung Kyun, ia adalah tipe ibu yang sedikit galak dan tegas. ia juga adalah perempuan kuat yang tidak mudah menangis dalam keadaan apapun. meski begitu, Ra Miran memiliki karakter yang setia kawan, ia juga senang menolong orang lain.

  • Ahn Jae Hong as Kim Jung Bong

Jung Bong adalah anak pertama dalam keluarga Kim, ia mewarisi sedikit sifat ayahnya, Jung Bong kerap kali membuat frustasi ibunya karena ia sama sekali tak memiliki semangat di bidang pendidikan, setiap hari ia berada dirumah karena kerap kali gagal ketika mengikuti ujian masuk universitas. hal-hal yang ia lakukan tergolong tidak berguna, seperti bermain game atau hal-hal konyol lainnya. meski tubuhnya besar, sebetulnya ia memiliki kondisi fisik yang sedikit lemah. 

  • Ryu Jeon Yeol as Kim Jung Hwan

Jung Hwan adalah adik dari Jung Bong, berbeda dari kakaknya, karakter ini rajin belajar, namun mewarisi sikap ibunya, Jung Hwan dikenal sebagai pribadi yang datar, ia tak pandai mengungkapkan apa yang ia rasakan. ia juga terkesan sedikit dingin.


    3. Keluarga Choi

Keluarga Choi hanya terdiri dari dua anggota keluarga, Yaitu:


  • Choi Moo Sung As Choi Moo Sung

Choi Moo Sung dikenal sebagai karakter yang paling datar, karena sikapnya yang cuek dan terkesan tidak peduli, ia mendapat julukan beruang dari tetangga-tetangganya, Moo Sung hidup bersama satu orang putra, sementara istrinya telah lama meninggal ketika anak mereka masih kecil. Moo Sung memiliki toko Jam, rumahnya sering dijadikan base camp oleh deok sun dan teman-temannya. meski terkenal sebagai karakter paling datar, dalam beberapa adegan, terlihat bagaimana Moo Sung menunnjukkan emosi yang ia miliki, apalagi yang berkaitan dengan anaknya.

  • Choi Taek

Choi Taek merupakan anak semata mayang dari Moo Sung, berbeda dari deok sun dan teman-teman lain yang bersekolah disekolah normal, Taek adalah seorang pemain baduk profesional yang terkenal diseluruh korea, ia juga sering pergi ke negara lain untuk berkompetisi. Taek, adalah karakter paling polos dalam drama ini, ia tidak pandai melakukan apapun, termasuk mengikat tali sepatu atau memasak ramyeon. namun ia selalu unggul ketika bermain dengan teman-temannya, seperti bermain monopoli atau bermain game. ia juga pandai bermain rubik.

      4. Keluarga Sun Woo

Bilangnya keluarga Sunwoo aja Ya, Soalnya sejak awal emang nggak dikasih tahu marganya apa.....
  • Go Kyung Pyo as Sun Woo

Sun Woo adalah salah satu karakter utama dalam reply 88, ia tinggal bersama ibu dan adiknya yang masih berusia beberapa tahun. hal itu dikarenakan ayahnya telah meninggal. Sun Woo merupakan karakter yang sangat menyayangi keluarganya, ia adala tipe kakak yang penyanyang dan anak yang perhatian. ia selalu berusaha untuk membuat ibunya bangga dan bahagia, ia juga senang bermain dengan adiknya. intinya karakter ini adalah karakter idaman banyak orang.

  • Kim Sun Young as Kim Sun Young

Kim Sun Young adalah ibu dari Sun Woo, ia hidup sebagai single parents sejak suaminya meninggal, dengan segenap tenaga ia berusaha membesarkan sunwo dan adiknya dengan baik, ia memiliki karakter yang ceria dan perhatian, ia selaluingin terlihat tegar didepan orang lain termasuk didepan ibu kandungnya sendiri, meskipun kadang ia juga merasa tertekan oleh keadaan ekonomi dan sikap mertuanya yang sangat buruk kepada dirinya.

  • Kim Seol as Jin Joo

Jin Joo adalah anak perempuan kecil sekaligus adik  sun woo, ia baru berusia beberapa tahun. hobbynya adalah menonton film kartun dan menyanyi serta menari. ia juga suka makan apapun dalam jumlah besar. namun makanan kesukaannya adalah pisang.

     
      5. Keluarga Ryu
 
Keluarga Ry terdiri dari 3 aggota keluarga, namun salah satu angota keluarga hanya muncul beberapa kali, karena itu yang akan kita bahas hanya dua ya.

  • Yoo Jae Myung as Ryu Jae Myung

Jae Myung adalah guru di sekolah sangmun high School, nantinya ia juga akan menjadi wali kelas dari Jung Hwan dan teman-temannya, karakter ini sebetulnya memiliki selera humor yang tinggi, namun ia seringkali bersikap tegas dan keras kepada murid-muridnya, terutama kepada anak semata wayangnya, ia memiliki seorang istri yang jarang berada dirumah karena lebih peduli pada urusan pekerjaan.

  • Lee Dong Hwi as Ryu Dong Ryong

Dong Ryong merupakan anak dari Jae Myung, ia merupakan tipe anak yang memiliki pendengaran yang sangat tajam, ia juga sering memberi nasihat kepada teman-temannya, meski begitu, karakter ini juga kadang kala bertingkah aneh, ia lebih sering tidur di ruangan belajar daripada di rumahnya ia juga sering buang angin sembarangan dan menggaruk-garuk pantatnya. 
Dong Ryong paling takut kepada ayahnya, ia bahkan pingsan setelah mengetahui ayahnya menjadi wali kelasnya. kadangkala Dong Ryong kesepian karena sang ibu lebih sering berada diluar rumah. namun ia sangat menikmati saat-saat bersama teman-temannya.


  • Sinopsis Cerita

         Berbeda dari reply-reply sebelumnya, reply 88 lebih fokus pada cerita tentang kehidupan bertetangga dalam sebuah lingkungan. dan yang menjadi peran utama dalam drama ini adalah Deok Sun, Jung Hwan, Taek, Sun Woo dan Dong Ryong. Kelima karakter ini sudah bersahabat sejak masih kecil. masalah-masalah yang diangkat sebetulnya juga tergolong biasa, namun dengan pengemasan yang menarik, drama ini sukses mencuri perhatian banyak orang 
selain masalah sehari-hari dalam bertetangga, dan berbagai macam pernak pernik persahabatan, drama ini juga menyuguhkan unsur percintaan, dan ini salah satu alasan kenapa gue bilang drama ini menarik. 


  • Unsur Percintaannya Gimana?
     Unsur percintaannya yang masih sama seperti reply 94 dan 97 adalah tebak-tebakan suami, yesssssss, sampai detik ini gue belum tahu siapa yang bakal jadi suami deok sun. kalau di reply 94 dan 97 gue masih bisa nebak-nebak, atau seenggaknya gue tahu siapa main actornya, kalau di reply 88 semuanya masih abu-abu. diawal-awal, gue juga sempat tertipu, 


di episode awal, sun woo terlihat menaruh perhatian pada deok sun, ia bahkan pergi kerumah deok sun untuk meminjam kamus inggris, padahal saat itu kakinya dalam keadaan cedera, karena dorongan dari sahabat-sahabat deok sun yang sok tahu, deok sunpun berpikir jika sun woo menaruh hati padanya, disaat bersamaan, junghwan ternyata juga diam-diam menaruh rasa pada deok sun, tapi karena sikapnya yang dingin dan datar, ia belum berani mengutarakan rasa sukannya. suatu hari waktu lagi main ke rumah sun woo, jung hwan iseng lihat-lihat buku sun woo, dan ternyata sun woo juga punya kamus sendiri, terus kenapa dia pinjem sama deok sun? Jung hwan juga nyimpulin kalau Sun Woo juga suka sama Deok Sun. karena nggak mau saingan sama sahabatnya, Jung Hwan mulai ngalah, tapi mukanya ketahuan banget cemburu kalau ngeliat deok sun sama sun woo.
saking pedenya, Deok Sun bilang ke Sun Woo kalau misalnya Sun Woo suka sama seseorang, harusnya diutarain, dan nanti kalau salju pertama musim dingin ini turun akan jadi saat yang tepat buat sun woo nembak cewek yang dia suka. sun woo pun setuju, dan jung hwan yang dengerin persetujuan sun woo mulai patah hati.
beberapa hari kemudian salju turun, deok sun yang pede abis udah siap-siap, pake acara dandan segala, junghwan yang ngeliat salju turun makin nyesek waktu lihat sun woo jalan ke rumah Deok Sun. dan coba tebak apa yang terjadi selanjutnya?
Deok Sun yang udah seneng banget tiba-tiba shock banget waktu tahu ternyata orang yang dicari sun woo itu bukan dia, tapi sung bora, kakaknya. jadi intinya, yang selama ini ditaksir sama sun woo itu bukan deok sun tapi Bo ra, dan alasan dia nekat jalan ke rumah deok sun buat pinjem kamus, ya buat ketemu bora. deok sun yang kesal lalu ngikutin sun woo dan marah-marah, kebetulan, Jung Hwan yang ngeliat deok sun ngikutin Sun Woo jadi penasaran, ia pun nguping dibalik pagar rumah, dan jrenggg,,, tiba-tiba ia senyum-senyum sendiri begitu tahu ternyata sun woo nggak suka sama deoksun.


okay,,,Jung Hwan pun merasa dia punya kesempatan, saatnya untuk menjadi lebih dekat sama deok sun. iapun mulai menaruh perhatian sama deok sun, nggak tidur kalau deok sun belom pulang rumah, ia juga melarang Deok sun pergi ke kencan buta. dan Deok sun yang emang pede itu akhirnya mikir lagi apa jung hwan suka sama dia, setelah curhat sama temen-temennya, deok sun mulai yakin kalau jung hwan suka sama dia. tapi......lagi-lagi deok sun harus kecewa, karena jung hwan mulai bersikap biasa sama dia, hal itu dilakukan jung hwan setelah jung hwan tahu kalau ternyata taek juga suka sama deok sun, taek juga bilang sama temen-temennya yang lain kalau dia suka sama deok sun itu bukan sebagai teman, tapi sebagai laki-laki yang suka yang perempuan. karena nggak mau persahabatannya dengan taek rusak, Jung Hwan pun lagi-lagi ngalah, dan deok sun harus gigt jari karen jung hwan yangia pikir suka sama dia nggak nembak-nembak, (padahal beneran suka)


Taek pun berencana mengungkapkan perasaannya pada deok sun setelah pertandingan baduknya di cina selesai, tapi ia mengurungkan niatnya, setelah tahu kalau jung hwan juga suka sama deok sun. Taek tidak sengaja mengetahui perasaan Jung Hwan setelah melihat ada foto deok sun di dompet Junghwan yang ketinggalan di kamar taek. 


sumpah, ini cerita cinta segitiga complicated banget, baik taek dan jung hwan sama-sama ngalah supaya persahabatan mereka berlima tetep bisa jalan kayak biasa.......

  • Solidnya trio emak-emak
    Emak-emak yang termasuk dalam trio ini adalah ibu deok sun, ibu jung hwan dan ibu sun woo, pokoknya mereka bertiga kompak banget, Ngapa-ngapain bareng, belanja bareng, masak bareng sampe pergi ke tukang ramalpun bareng-bareng. dari tiga ibu-ibu ini yang paling kaya adalah emaknya jung hwan, dia sering beli banyak banyak buat di bagi-bagi ketetangga-tetangga, dia juga sering pinjemin uang ke ibu-ibu yang lain, padahal dulunya keluarga Junghwan ini miskin, mereka tiba-tiba jadi kaya dan tinggal dirumah besar setelah Jung Bong menang lotere. hehehe
persahabatan ketiga emak-emak ini juga keliatan baik banget, mereka bertiga tulus satu sama lain, selalu mendukung dan menhibur kalau ada yang lagi sedih.

  • Alur Cerita sedikit lama

Berbeda dari reply 97 dan 94, reply 88 memiliki alur yang sedikit lambat, dari episode 1 hingga 16 hanya berkisar 1 tahun yaitu 88-89. bandingkan dengan reply 97 dan 94 yang alur ceritanya sudah sangat jauh menuju episode 17. namun meski begitu ada sedikit perubahan yang terjadi, yaitu hubungan ibu sun woo dan ayah taek yang mulai dekat, menurut prediksi gue katyaknya mereka bakal jadian, berarti sun woo dan taek bakal jadi saudara dong? who knows....
terus, sun woo yang mati-matian ngejar bora akhirnya berhasil meluluhkan hati bora yang kayak es batu, tapi karena ayah bora udah dapat uang pembayaran utang yang dipinjam dari keluarga mereka, bora pun jadi punya ksempatan buat belajar hukum, dia lalu mutusin buat pindah ke tempat yang lebih dekat sama tempat belajarnya berarti bakal long distance relationship dong? apa bisa bertahan? jangan-jangan putus?
tapi yang masih bikin gue penasaran itu adalah siapa yang bakal jadi suaminya deok sun? sebetulnya gue suka sama jung hwan yang cool, tapi gue juga dukung taek yang polosss.... hmmmmmmm,,,biar waktu yang akan menjawab. hehehe







okay, sekian reviewnya, biar gak penasran, langsung ditonton aja ya, buat pecinta reply, mari kita tunggu jawabannyaa......taek atau junghwan???? hanya sutradaranya yang tahu. hehehe

3 komentar:

  1. JOIN NOW !!!
    Dan Dapatkan Bonus yang menggiurkan dari dewalotto.club
    Dengan Modal 20.000 anda dapat bermain banyak Games 1 ID
    BURUAN DAFTAR!
    dewa-lotto.name
    dewa-lotto.com

    BalasHapus
  2. JOIN NOW !!!
    Dan Dapatkan Bonus yang menggiurkan dari dewalotto.club
    Dengan Modal 20.000 anda dapat bermain banyak Games 1 ID
    BURUAN DAFTAR!
    dewa-lotto.name
    dewa-lotto.cc
    dewa-lotto.vip

    BalasHapus
  3. JOIN NOW !!!
    Dan Dapatkan Bonus yang menggiurkan dari dewalotto.club
    Dengan Modal 20.000 anda dapat bermain banyak Games 1 ID
    BURUAN DAFTAR!
    dewa-lotto.cc

    BalasHapus