Jumat, 13 September 2013

FIKOM (Fakultas Ilmu Komunikasi)

Perkenalan saya dengan fakultas ilmu komunikasi dimulai dari 2 tahun yang lalu, bermula dari kebingungan akan melanjutkan kuliah di mana setelah lulus sekolah menengah atas, sayapun mencari-cari berbagai referensi untuk dijadikan pilihan. Mengingat kerasnya persaingan kerja di era sekarang, saya berusaha untuk memilih jurusan dengan prospek kerja yang baik dan terbuka lebar dimasa mendatang. 

akhirnya, pilihan itupun jatuh pada fakultas ilmu komunikasi (FIKOM), meskipun FIKOM bisa dikategorikan baru serta belum setenar jurusan-jurusan lain seperti ekonomi dan hukum, sebenarnya jurusan ini memiliki prospek yang bagus. 

awalnya memang terdengar mudah, apa susahnya berkomunikasi?, bukankah dari kecil kita juga sudah berkomunikasi?, tiada hari yang kita lalui tanpa melakukan komunikasi. itulah pikiran-pikiran awal yang juga sempat memenuhi otak saya. namun perlahan pemikiran-pemikiran semacam itu mulai berubah, kita memang melakukan komunikasi setiap hari, entah itu dengan orang lain ataupun dengan diri sendiri tetapi apakah komunikasi yang kita lakukan sudah benar?.
ada banyak sekali hal yang harus diperhatikan ketika berkomunikasi jika kita ingin membina hubungan yang baik dengan orang lain, ketika komunikasi yang kita lakukan salah atau tidak sesuai dengan apa yang orang lain harapkan maka hubungan kita dengan orang itupun tidak berjalan baik.
komunikasi adalah dasar dari sebuah hubungan, ibarat gedung, ia adalah pondasi utamanya. bayangkan jika pondasi utama tersebut tidak kokoh? tentunya gedung tersebut akan dengan mudah roboh bukan?. 
perbandingan tersebut sedikit memberikan kita jawaban,  mengapa seseorang perlu untuk belajar komunikasi. 

diera sekarang, perusahaan-perusahaan besar membutuhkan ahli-ahli komunikasi yang baik untuk dapat bertahan ditengah gempuran modernisasi dan globalisasi.
FIKOM terdiri dari  3 bidang peminatan , yaitu:
  • Public Relations (PR) : seorang public relation yang baik akan mampu menciptakan citra yang baik bagi perusahaan dan kemudian mampu membawa citra yang baik itu ditengah masyarakat
  • advertising : advertising berisi orang-orang kreatif yang mampu mengekspresikan pikiran mereka lewat sebuah iklan
  • Jurnalistik : melatih calon-calon wartawan serta mereka yang tertarik dibidang tulis-menulis.
ke 3 bidang peminatan tersebut akan menghasilkan ahli-ahli komunikasi yang dibutuhkan perusahan-perusahan besar. setiap perusahaan membutuhkan PR, ada banyak produk yang menanti untuk diiklankan, serta kebebasan pers dimasa sekarang membuat ketiga peminatan tersebut memiliki prospek yang terbuka lebar dizaman sekarang. jadi tunggu apa lagi?, FIKOM adalah satu jurusan paling menjanjikan. segeralah bergabung bersama kami.


2 komentar: